Selasa, 27 Februari 2018

Rumah Dinas Koramil 15 Batangan Jadi Contoh Rumah Sehat

    2/27/2018   No comments

MOKI, Pati-Dalam rangka HUT ke 72 Persit Kartika Chandra Kirana Tahun 2018, Persit KCK Kodim 0718/pati menyelenggarakan berbagai kegiatan perlombaan bagi Para Istri Tentara. Salah satunya adalah Lomba Rumah Sehat untuk Rumah Dinas Tentara dan kebetulan rumah dinas Koramil 15/Batangan yang di huni oleh anggota atas nama Pelda Lulus ini mewakili Kodim 0718/Pati untuk maju ke Tingkat Korem. Selasa, 27/02/2018.




Komandan Kodim 0718/Pati Letkol Arm Arief Darmawan, S.sos didampingi Ketua Persit Kartika Chandra Kirana Cabang XXXIX Kodim 0718/Pati Ny. Ayu Arief Darmawan menyampaikan beberapa hal dalam Lomba Rumah Sehat ini dan banyak sekali aspek penilaiannya salah satu diantaranya yaitu :

1. Rumah sehat itu harus menjaga kebersihan langit-langit, lantai, dinding, ventilasi udara, kebersihan dapur dan  penerangan yang baik.




2. Sarana dan prasarana Sanitasi yang meliputi Sarana Air Bersih, Jamban (pembuangan kotoran), Pembuangan Air Limbah serta tempat pembuangan sampah.

3. Penghuni rumah harus berperilaku aktif dalam berkehidupan sehari-hari yang meliputi membuka ventilasi udara kamar, ruang tamu, ruang keluarga, membersihkan halaman rumah dalam maupun luar dan membuang sampah pada tempatnya.




4. Supaya memanfaatkan Lahan Pekarangan Rumah yang meliputi adanya Apotik hidup yang sewaktu waktu dapat dimanfaatkan oleh keluarga, Adanya tanaman hias, tanaman sayuran yang bisa dimasak (hydroponik) dan bawahnya bisa dimanfaatkan untuk kolam ikan.

5. Pemeliharaan dalam rumah maupun luar rumah serta pekarangan rumah harus terjaga kebersihanya.




Komandan Kodim 0718/Pati Letkol Arm Arief Darmawan, S.sos menyampaikan, kepada penghuni rumah dinas supaya menjaga kebersihan dalam maupun luar rumah agar kesehatan keluarga tetap terjaga serta mampu menciptakan suasana yang sejuk, menyenangkan, indah dan harmonis.

Dengan adanya Lomba Rumah Sehat ini diharapkan kepada seluruh anggota TNI maupun Persit mampu menjaga kebersihan rumahnya masing-masing dan sekitarnya sebagai upaya menjaga kesehatan keluarga dan disamping itu untuk memanfaatkan lahan kosong disekitar rumah dengan menanami tanaman sayur-sayuran maupun apotik hidup sehingga bisa membantu kebutuhan rumah tangga sehari hari untuk menghemat belanja.




Danramil 15 Batangan Kapten Inf Mujima juga menyampaikan pesan bahwa kehidupan prajurit haruslah berperilaku yang baik serta pola hidup yang sederhana harus dilaksanakan setiap harinya sehingga mampu menciptakan suasana yang harmonis dan siapa tahu ini dapat dilakukan kepada prajurit yang lain maupun warga sipil. (Red)

Previous
Next Post
© 2008 KabarInvestigasi I Portal Of Investigation. Designed by : Kang Aris
Powered by KabarInvestigasi.