Kamis, 15 Maret 2018

Di Sumenep, Dari 49 Pengembang Perumahan Hanya 1 Yang Menyerahkan Fasum

    3/15/2018   No comments

MOKI, Sumenep – Ternyata, dari 49 jumlah Pengembang Perumahan yang ada di Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur, hanya 1 yang menyerahkan Fasilitas Umum (Fasum), kepada pemerintah setempat.




Pernyataan itu di sampaikan Kepala Dinas Perumahan Rakyat, Kawasan Pemukiman (PRKP) dan Cipta Karya, Bambang Irianto,




“Hingga hari ini, dari 49 pengembang perumahan baru satu  yang menyerahkan fasumnya pada kami, yakni Perumahan Nasional (Perumnas) Giling,” kata Bambang Irianto, M.Si. Kamis (15/3/2018).

Oleh karenanya, pihaknya akan melakukan komunikasi serta akan melayangkan surat kepada para pengembangan perumahan, agar segera melimpahkan Fasum atau Fasosnya pada Pemerintah Daerah.




Namun bila hal itu tidak diindahkan, dan pengembang tidak menyerahkan fasum atau fasosnya, maka pemerintah angkat tangan bila ada keluhan dari masyarakat terkait kurang efektifnya drainase di areal perumahan, hingga menyebabkan  air  masuk ke rumah warga.

"Karena masalah tersebut masih menjadi tanggung jawab pengembang dan bukan tanggung jawab Pemerintah Daerah," ucapnya.




Lanjut Bambang, Setelah pengembang perumahan menyerahkan fasumnya atau fasosnya pada kami, baru itu tanggung jawab kami.

"Kami akan melakukan pengecekan ke lokasi, dan jika ada fasum atau fasos yang tidak sesuai dengan aturan dalam pengembangan perumahan, kami akan langsung berkoordinasi dengan pengembang untuk segera diperbaiki," jelasnya.




Dia menambahkan, dari 49 pengembang perumahan di Sumenep, terkotak menjadi menjadi empat (4) kategori.

Yakni : (1) Pengembang Ada, Fasum atau Fasos belum diserahkan pada Pemkab Sumenep, (2) Pengembang Ada, Fasum atau Fasos diterlantarkan, (3) Pengembang ada, Fasum atau Fasos tidak ada, (4) Tidak ada Pengembang, Fasum atau Fasos tidak ada.




“Meski demikian, kami terus berupaya untuk memberikan pembinaan terhadap para pengembang perumahan di Sumenep," Pungkasnya. (sari)

Previous
Next Post
© 2008 KabarInvestigasi I Portal Of Investigation. Designed by : Kang Aris
Powered by KabarInvestigasi.