Selasa, 03 April 2018

Bangkitkan Nasionalisme Anak Juga Ada Di Program TMMD Reguler 101

    4/03/2018   No comments

MOKI, Pati - Program TNI Manunggal Membangun  Desa (TMMD) Reguler ke-101 yang digelar di Desa Godo Kec. Winong Kab. Pati selain kegiatan fisik berupa pembangunan betonisasi jalan desa sepanjang 1.300 meter, juga mengerjakan kegiatan non fisik diantaranya membangkitkan rasa nasionalisme anak-anak dengan menumbuhkan rasa cinta tanah air dan bela negara.



Salah satu cara mudah dalam menumbuhkan rasa cinta tanah air dan bela negara adalah melalui kegiatan upacara bendera, seperti yang dilakukan Koramil 18/Winong di SDN Gondo 01 pada kegiatan Pra TMMD, Selasa (3/4/18) yang lalu.

“Bendera Merah Putih adalah lambang Negara Kesatuan Republik Indonesia yang harus kita hormati. Kita menghormat bendera sebagai bentuk penghormatan terhadap jasa-jasa para pahlawan kusuma bangsa yang telah rela mengorbankan harta benda, jiwa dan raganya untuk kemerdekaan bangsa ini”, tegas Danramil 18/Winong Kapten Kav Sugeng yang disampaikan oleh Serda Anang Firdinan saat menjadi inspektur upacara.



Dijelaskan Danramil, selain melatih dan menumbuhkembangkan penghormatan kepada para pahlawan, upacara bendera juga melatih anak untuk berdisiplin, solid dan kompak. Dimana dalam upacara para peserta akan turut serta, patuh dan taat pada setiap perintah yang disampaikan oleh pemimpin upacara secara bersama-sama. Upacara juga akan menumbuhkan rasa saling hormat menghormati (tepa selira) dan bekerjasama (gotong royong) yang digambarkan oleh pengibar bendera, dimana mereka hanya akan bekerja sesuai dengan tugasnya dan dilakukan secara bersama-sama.



“Bukankah ini merupakan budaya bangsa kita yang wajib kita junjung tinggi dan kita lestarikan”, tegas Danramil bangkitkan semangat anak-anak.

Sementara itu, Kepala Sekolah SD Negeri Godo 01 Bapak Sunawi menerangkan, pihak sekolah sangat mendukung kegiatan yang dilaksanakan TNI dengan melaksanakan TMMD di Desa kami. Selain membangun jalan juga melaksanakan kegiatan non fisik berupa memberikan Wawasan Kebangsaan untuk lebih mengokohkan rasa Nasionalisme dan lebih Cinta Tanah Air kepada anak didik kami.


di
“Setelah mendengar amanat yang disampaikan inspektur upacara, siswa-siswi kami menjadi tergugah. Semoga dalam jiwanya akan tertanam semangat rela berkorban dan pantang menyerah dengan belajar lebih giat, berdisiplin dalam menuntut ilmu sehingga kelak dikemudian hari dapat bermanfaat untuk bangsa dan negaranya”, tutur Sunawi. (Red)

Previous
Next Post
© 2008 KabarInvestigasi I Portal Of Investigation. Designed by : Kang Aris
Powered by KabarInvestigasi.