Senin, 16 April 2018

Begini, Pendapat Bupati Sumenep, Rapat Paripurna II DPRD

    4/16/2018   No comments

MOKI, Sumenep - Begini pendapat Bupati Sumenep A.Busyro Karim atas rancangan peraturan daerah tentang perubahan atas peraturan daerah nomer 3 tahun 2011 tentang penyelenggaran administrasi kependudukan yang bertempat di ruang rapat graha paripurna DPRD Sumenep, Madura, Jawa Timur. Senin, 16 april 2018.



Bahwa sesuai dengan ketentuan dalam pasal 73 peraturan menteri dalam negeri republik indonesia nomor 80 tahun 2015 tentang pembentukan produk hukum daerah yang berbunyi:
“dalam hal rancangan perda berasal dari DPRD dilakukan dengan :
Penjelasan pimpinan komisi, pimpinan gabungan komisi, pimpinan bapemperda, atau pimpinan panitia khusus dalam rapat paripurna mengenai rancangan perda;Pendapat kepala daerah terhadap rancangan perda.

"Dengan demikian, tahapan rancangan peraturan daerah usul prakarsa DPRD kabupaten sumenep tersebut, telah sesuai dengan mekanisme sebagaimana yang diatur dalam ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku," kata Bupati Sumenep, A.Busro Karim. Senin, ( 16/4/18)



Langjut Busyo, Menanggapi nota penjelasan DPRD atas rancangan peraturan daerah usul prakarsa DPRD kabupaten sumenep tentang perubahan atas peraturan daerah nomor 3 tahun 2011 tentang penyelenggaraan administrasi kependudukan, pada prinsipnya kami mendukung. Hal ini sejalan dengan kewajiban pemerintah dan pemerintah daerah untuk memberikan identitas kependudukan kepada seluruh penduduk warga negara sebagai upaya perlindungan dan pemenuhan hak konstitusional warga negara.

"Perubahan atas peraturan daerah nomor 3 tahun 2011 tentang penyelenggaraan administrasi kependudukan, perlu untuk dilakukan guna menyesuaikan dengan perkembangan zaman. Dinamika perkembangan regulasi khususnya di bidang kependudukan, yang ditandai dengan penerapan kartu tanda penduduk elektronik di seluruh wilayah negara indonesia, serta pencanangan kartu identitas anak sebagaimana diatur di dalam peraturan menteri dalam negeri republik indonesia nomor 2 tahun 2016 tentang kartu identitas anak, merupakan 2 (dua) hal mendasar yang melatarbelakangi dilakukannya perubahan atas peraturan daerah nomor 3 tahun 2011 tentang penyelenggaraan administrasi kependudukan,"paparnya.



Menurutnya, dalam kurun waktu 7 tahun, penyelenggaraan administrasi kependudukan pada tingkat nasional setidaknya terdapat 3 (tiga) perubahan yang mendasar, yaitu :
Pertama, penerapan ktp elektronik. Dengan penerapan ktp elektronik dapat memberikan kepastian bahwa tidak akan ada lagi penduduk yang memiliki ktp ganda.

Kedua, lahirnya undang-undang republik indonesia nomor 24 tahun 2013 tentang tentang perubahan atas undang-undang nomor 23 tahun 2006 tentang administrasi kependudukan.
Ketiga, pencanangan kartu identitas anak.



"Beberapa perubahan mendasar dalam perubahan tersebut yaitu,Masa berlaku ktp elektronik menjadi berlaku seumur hidup sepanjang tidak ada perubahan elemen data dalam ktp," jelasnya.

Dia menambahkan, Sebagai salah satu upaya dalam mempertahankan konsistensi pemerintah dalam penyelenggaraan administrasi kependudukan, pemerintah daerah kabupaten sumenep senantiasa melaksanakan pemutakhiran data penduduk melalui pendaftaran penduduk dan pencatatan sipil yang diolah dengan sistem informasi administrasi kependudukan (siak) yang outputnya berupa dokumen kependudukan.



"Hal tersebut merupakan bukti kehadiran pemerintah dan bentuk pengakuan negara atas status dan keperdataan serta hak-hak sipil pada setiap warga negara," Imbuhnya.

Untuk menjamin kelancaran dan kesuksesan penyelenggaraan administrasi kependudukan, selain konsistensi pemerintah dalam penyelenggaraan administrasi kependudukan, peran serta masyarakat juga menjadi salah satu aspek terwujudnya kelancaran dan kesuksesan penyelenggaraan administrasi kependudukan.



"Dengan kesadaran dan peran serta masyarakat tersebut, diharapkan efektifitas penyelenggaraan administrasi kependudukan di kabupaten sumenep dapat dirasakan manfaatnya oleh seluruh lapisan masyarakat," Harapannya.(sari)

Previous
Next Post
© 2008 KabarInvestigasi I Portal Of Investigation. Designed by : Kang Aris
Powered by KabarInvestigasi.