Kamis, 26 April 2018

Dalam Satu Minggu 2 Kejadian Tabrak Lari Diwilayah Polsek Batangan

    4/26/2018   No comments

MOKI, Pati - Dalam kurun waktu Satu Minggu, di wilayah Hukum Polsek Batangan terjadi kecelakaan lalu lintas tabrak lari 2 (dua) yang mengakibatkan 2 orang korban meninggal dan 2 orang korban luka-luka.



Himbauan Kapolsek Batangan AKP Endah Setianingsih, SH. sedikit kami himbau kepada sedulur - sedulur tentang kewajiban dan sanksi bila mengalami kecelakaan lalu lintas kewajiban bagi pengemudi yang terlibat kecelakaan Lalu Lintas :

Pasal 231 ayat [1] UU LLAJ):
a. Menghentikan Kendaraan yang dikemudikannya;

b. Memberikan pertolongan kepada korban;

c. Melaporkan kecelakaan kepada Kepolisian Negara Republik Indonesia terdekat; dan

d. Memberikan keterangan yang terkait dengan kejadian kecelakaan.

Apabila pengemudi dalam keadaan memaksa sehingga tidak dapat melaksanakan kewajiban menghentikan kendaraan dan memberi pertolongan, setidaknya harus segera melaporkan diri kepada Kepolisian terdekat (Pasal 231 ayat [2] UU LLAJ).



Terkait dengan tanggung jawab pengemudi yang menyebabkan kecelakaan lalu lintas, di masyarakat, dikenal istilah “tabrak lari” yaitu mengemudikan kendaraan dan terlibat kecelakaan, tetapi tidak menghentikan kendaraan dan tidak memberikan pertolongan kepada korban. Untuk pengemudi yang menyebabkan tabrak lari ini selain dikenakan Pasal 310 UU LLAJ, juga dapat dikenakan Pasal 312 UU LLAJ:

Setiap orang yang mengemudikan Kendaraan Bermotor yang terlibat Kecelakaan Lalu Lintas dan dengan sengaja tidak menghentikan kendaraannya, tidak memberikan pertolongan, atau tidak melaporkan Kecelakaan Lalu Lintas kepada Kepolisian Negara Republik Indonesia terdekat sebagaimana dimaksud dalam Pasal 231 ayat (1) huruf a, huruf b, dan huruf c tanpa alasan yang patut dipidana dengan pidana penjara paling lama 3 (tiga) tahun atau denda paling banyak Rp75.000.000,00 (tujuh puluh lima juta rupiah).



INGAT. !!!!!

PERBUATAN TABRAK LARI HANYA DILAKUKAN SEORANG PENGECUT DAN TINDAKANNYA BERTENTANGAN UNDANG UNDANG. (Aris)

Previous
Next Post
© 2008 KabarInvestigasi I Portal Of Investigation. Designed by : Kang Aris
Powered by KabarInvestigasi.