Kamis, 10 Mei 2018

Bupati Sumenep Buka Pameran Pendidikan

    5/10/2018   No comments

MOKI, Sumenep - Bupati Sumenep A.Busyro Karim membuka Pameran Pendidikn yang di gelar oleh Dinas Pendidikan Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur, bertempat di halaman Disdik setempat. Kamis, 10/5/2018.



Kepala Dinas Pendidikan Sumenep, Ach. Sadik mengatakan, pameran yang dimulai dari (10-12/5/2018) ini diikuti 18 koordinator pendidikan Kecamatan yang ada di wilayah daratan. Termasuk pula 26 Sekolah Menengah Pertama (SMP).

“Pameran kali ini mengangkat tema ;Menguatkan pendidikan dan memajukan kebudayaan; Untuk menguatkan pendidikan, maka kami akan menguatkan literasi. Dengan literasi anak didik diwajibkan membaca dan menulis dengan aktif. Agar anak didik memiliki pengetahuan yang baik,” katanya.

Sedangkan untuk menguatkan kebudayaan karakter, lanjut Sadik, Diknas mewajibkan siswa satu hari dalam sepekan untuk berbahasa madura yang baik. Dengan itu diharapkan mampu membangun karakter anak didik.

“Supaya anak didik bisa dan menerapkan bahasa madura sesuai dengan tingkatannya atau ‘andhap ashor’. Nantinya siswa menghormati yang lebih tua dan menghargai yang lebih muda,” tegasnya.

Sambung Sadik,  tujuan pameran pendidikan inin yang pertama, memupuk rasa cinta dan mengembangkan budaya lokal, kedua, Sebagi sarana untuk mewujudkan dan mengembangkan bakat seni siswa dan masyarakat dengan harapan pameran pendidikan merupakan ajang berprestasi, kompetisi dan timbul pemikiran untuk berbuat dan bekerja yang baik. Ketiga, Sebagai sarana edukatif atau sarana pembelajaran kepada siswa dan nasyarakat. Keempat. Sebagai sarana kreasi atau sarana hiburan siswa dan masyarakat, dan yang kelima, Sebagai wujud pendidikan karakter di kabupaten Sumenep," imbuhya.



Sementara Bupati Sumenep A.Busyro Karim, menerangkan acara ini merupakan ajang kreasi dan inovasi siswa yang ada di sekolah untuk lomba lomba berbasis budaya lokal.Budaya lokal kita di harapakan terus exsis.

"Sinergitas antara sekolah dan masyarakat sangat diperlukan agar orang tua siswa tahu hasil kreadi putra putrinya," katanya, usai meninjau puluhan stan yang ikut meramaikan pameran pendidikan.

Menurutnya, Negara yang maju tidak terlepas dari kebudayaannya sendiri. Maka dari itu Sambung Busyro, kedepan kita harus menuju tiga kecerdasan.
Yang pertama, Cerdas ekonomi.
Yang kedua, Cerdas sosial, dan yang ke tiga cerdas lingkungan.

"Anak anak kita kedepan harus cerdas ekonomi. Cerdas ekonomi harus ada kreativitas dan inovasi," pintanya.

Dia berharap dengan adanya pameran pendidikan ini roh kebudayaan yang kita miliki terus bisa hidup di tengah hati dan otak anak anak kita," Pungkasnya.



Tampak hadir dalam acar tersebut Bupati Sumenep, A. Busyro Karim dan sebagian Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD),Kepala Dinas pendidikan beserta jajarannya,  Kepala sekolah dari tingkat SD, dan SMP, Koordinator pendidikan kecamatan. (sari)

Previous
Next Post
© 2008 KabarInvestigasi I Portal Of Investigation. Designed by : Kang Aris
Powered by KabarInvestigasi.