Minggu, 06 Mei 2018

Dinas Pendidikan Sumenep Gelar Gernas Baku

    5/06/2018   No comments

MOKI, Sumenep - Dinas pendidikan Sumenep Madura Jawa Timur gelar Gerakan Nasional Orang Tua Membacakan Buku (Gernas Baku).



Kegiatan ini merupakan program pemerintah diseluruh Indonesia sejak 5 Mei 2018 dengan tujuan aga minat dan cinta baca buku tumbuh sejak usia dini. Sebab, berdasarkan hasil survie anak-anak sudah tidak mencintai buku. Banyak yang lebih cinta nonton televisi, pegang android dan mainan lain yang tidak bernuansa literasi.

Kepala dinas pendidikan Sumenep H.Sadik menyampaikan, Gernas Baku sebagai salah satu upaya agar orang tua atau wali murid memiliki pemahaman tentang pentingnya baca dan mencintai buku.



"Untuk menumbuhkan kecintaan anak pada buku, harus dimulai dari orang tua membacakan buku untuk anaknya," Terang Sadik

Sambung dia, Orang tua harus bisa mengeksplorasi dan menggambarkan hasil bacaan pada anak. Dari bacaan yang dilakukan oleh orang tua, anak juga bisa menggambarkan ulang apa yang disampaikan orang tuanya.

Oleh sebab itu, kegiatan membaca untuk anak usia dini adalah kegiatan menceritakan gambar dan mengucapkan huruf yang dilakukan orang dewasa bersama anak. Orang tua diharapkan memiliki kemampuan dalam memahami cara belajar anak, baik belajar cara belajar visual atau dengan melihat, auditori atau mendengar, maupun kinestetik atau berjarak.



 "Semua itu butuh bimbingan orang tua," imbuhnya.

Orang tua, lanjut Sadik, juga diharapkan mengetahui proses pembelajaran dan juga pemilihan buku yang sesuai dengan tahap usia dan perkembangannya. Juga menentukan kualitas kebersamaan antara anak dan orang tua dalam proses membacakan buku.

Sehingga dengan adanya program Gernas Baku ini, Pihaknya mengharap kepada orang tua  juga untuk rajin membacakan buku kepada putra dan putrinya saat berada dirumah sebagai pelajaran tambahan dari sekolah.



"Saya berharap dengan adanya program ini mudah-mudahan semua anak-anak kita bermanfaat bagi dirinya,orang tua, masyarakat, Bangsa dan Negara juga agama," Tutupnya.(sari)

Previous
Next Post
© 2008 KabarInvestigasi I Portal Of Investigation. Designed by : Kang Aris
Powered by KabarInvestigasi.