Kamis, 17 Mei 2018

Komisi ll Mendesak Pemkab Promosi Produk UKM Via Online

    5/17/2018   No comments

MOKI, Sumenep - Komisi ll DPRD Sumenep mendesak Pemerintah Daerah ( Pemkab) Sumenep Madura, Jawa Timur, promosi Produk UKM Via Online.



Ketua Komisi ll DPRD Sumenep Nurus Salam menerangkan, Promosi terhadap produk hasil Usaha Kecil dan Menengah (UKM) di Kabupaten Sumenep harus lebih ditingkatkan. Pemerintah tidak cukup hanya mengandalkan pameran untuk menjadi media memperkenalkan karya masyarakat Sumenep.

"Dalam mengembangkan dan memperkenalkan produksi UKM yang ada, butuh trobosan yang bisa mampu bersaing di pasaran. Sehingga produk UKM yang ada mampu menjadi salah satu pemicu percepatan pertumbuhan ekonomi di wilayah Bumi Sumekar," Cetusnya.



Sambunng Oyok sapaan akrabnya, Promosi merupakan salah satu instrumen agar produk bisa laku di pasaran. Selama ini, promosi produk UKM hanya melalui pameran. Sifatnya kondisional.

"Padahal, di era digital, promosi melalui online sangat strategis," jelasnya.



Oleh karena itu, Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Sumenep mendesak kepada Pemerintah Kabupaten (Pemkab), terutama dinas terkait seperti Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) dan Dinas Koperasi dan Usaha Mikro (Diskop dan UM) setempat untuk mempromosikan lewat online.

"Untuk meningkatkan semua potensi UKM, dalam mempromosi- kan hasil kerajinan dan karya dari UKM itu harus dimaksimalkan. Salah satu cara yang bisa digunakan yaitu melalui online seperti Medsos dan lainnya," Kata Nurus Salam, ketua komisi ll DPRD Sumenep. Kamis (17/5/18)



Menurut pria yang gemar budidaya love bird ini, promosi lewat online dinilai akan menjadi promosi yang sifatnya berkelanjutan. Apalagi, sampai digunakan untuk jual beli secara online juga.

"Kalau melalui Medsos, pasti promosi itu  akan terus berjalan. Sebab, sistem yang dipakai yaitu dengan cara sistem online," paparnya.

Pihaknya meminta Dinas terkait harus mencari tro- bosan dan solusi terbaik dalam mempromosikan hasil karya UKM. Tidak hanya mengandalkan pameran. Sebab ketika karya dan hasil UKM dikenal dan laku, otomatis kesejahteraan masyara- kat juga meningkat.



"Perlu kiranya ada sebuah rumusan dari dinas terkait untuk membuat sebuah situs atau website yang bisa memasarkan atau bahkan bisa menjual hasil UKM tersebut," Pungkasnya (sari)

Previous
Next Post
© 2008 KabarInvestigasi I Portal Of Investigation. Designed by : Kang Aris
Powered by KabarInvestigasi.