Kamis, 21 Juni 2018

Arus Balik Menurun dari Jateng, Kakorlantas Tetap Siapkan Rekayasa Lalu Lintas Hingga Jakarta

    6/21/2018   No comments

MOKI, Jakarta - Kepala Korps Lalu Lintas Polri Irjen Pol Royke Lumowa berkoordinasi dengan Jasa Marga terkait evaluasi penanganan rekayasa arus balik kemarin di pos Cikarang Utama. Rabu 20 Juni 2018.



"Rapat ini untuk mencari yang terbaik, menambah yang positif dan memperkecil pengaruh negatif dalam penanganan arus balik," quote Kakorlantas.

Kakorlantas mengatakan bahwa seluruh masyarakat juga kita semua adalah pelayan disini, baik masyarakat pengguna jalan tol maupun arteri dan dimana saja.

"Makanya kami bersama mencari jalan yang terbaik demi kepentingan," quote Kakorlantas.

Adapun langkah-langkah yang disiapkan hari ini adalah pertama yang soft dulu, mulai pengalihan arus yang dialihkan ke pantura, begitu pula sebaliknya.



"Kaya airlah, kita mencari mana yang lebih rendah mana yang lebih kondusif untuk dilewati," quote Kakorlantas.

"Yang kedua kami melakukan contra flow, contra flow ini secara parsial, tiap tiap titik tertentu, untuk menghindari bootle neck dan rest area," quote Kakorlantas.

Yang ketiga jika itu semua itu tidak mampu mengurai kepadatan maka akan diberlakukan one way.



"Kalau one way pun ini harus sistemable atau bersambung, jangan malah memindahkan kemacetan," quote Kakorlantas.

"Nah untuk yang terakhir hari ini, karena kecenderungan ini arus kayaknya semakin menurun. Palimanan tidak ada antrian, kali kuto dan kertasari juga demikian tidak ada antrian pada jam segini, berbeda dari hari kemarin. Makaya kita lihat situasi, apakah one way atau tidak kalau tetap meredup one way tidak kita lakukan, kami akan melakukan contra flow di poin-poin tertentu. Khususnya di rest area-rest area," quote Kakorlantas.

Untuk hari ini yang akan kita lakukan adalah one way, one way hanya sampai di gerbang Cikarang Utama.



"Ini full 100% murni one way hingga Cikarut, dari Cikarut ke Jakarta kita berlakukan contra flow," quote Kakorlantas.

Untuk arus kendaraan, yang dari Jakarta nanti dialihkan ke Cikarang Barat, yang timur ke Jakarta pake satu lajur contra flow ke Jakarta.

"Ini kalau terjadi one way, mudah-mudahan kalau meredup kita tidak berlakukan one way, cukup dengan contra flow di rest-rest area," quote Kakorlantas.



Untuk sampai kemarin data kendaraan yang sudah masuk ke jakarta dari data Jasa Marga, sudah mencapai 133 ribu, masih kurang 53% dari data mudik. Untuk hari pertama 18 Juni 2018 data kendaraan masuk Jakarta sudah 116 ribu kendaraan masuk di Cikarang Utama.  (Red)

Previous
Next Post
© 2008 KabarInvestigasi I Portal Of Investigation. Designed by : Kang Aris
Powered by KabarInvestigasi.