Senin, 11 Juni 2018

Bupati Sumenep Menyerahkan Zakat Fitra, Dengan Berpakain Layaknya Seorang Adipati Kerajaan

    6/11/2018   No comments

MOKI, Sumenep - Bupati Sumenep, Madura, Jawa Timur Dr. A.Busyro Karim di dampingi Nur Fitriana ( Istri Bupati, red) Menyerahan Zakat Fitrah di bulan Ramadhan  1439 H ke Masjid Jamik dengan berpakaian layaknya seorang Adipati Kerajaan.  Senin (11/6/2018)



Dalam penyerahan tersebut, Bupati bersama Istri dikawal oleh beberapa orang yang berpakaian prajurit Keraton. Selain itu, dalam penyerahan tersebut, Bupati berjalan kaki dari Pendopo Agung Sumenep menuju Masjid Jamik.



Sesampainya di Masjid Jamik, Bupati beserta rombongan Keraton diterima oleh sesepuh keturunan Raja-raja Sumenep. Kemudian secara simbolis Bupati Sumenep menyerahkan Zakat Fitrah ke Masjid Jamik untuk disalurkan kepada masyarakat yang kurang mampu.

Bupati Sumenep, A. Byusro Karim menjelaskan, penyerahan zakat fitrah kraton itu tidak hanya dilestarikan saja, melainkan, para raja-raja tempo dulu ingin memberikan contoh terhadap masyarakat untuk melaksanakan zakat.

"Jadi, zakat fitrahnya dibawa dari kraton ke masjid jamik ini agar bisa diketahui oleh masyarakat dan masyarakat sendiri bisa  melaksanakannya," katanya, Senin (11/6/2018).



Dia menambahkan, masyarakat tidak hanya bagaimana melakukan dan melaksanakan zakat fitrah, tapi itu siar islam, agar islam terus menggemma ditengah tengah masyarakat kabupaten sumenep.

"Kalau kita bisa terus melestarikan zakat fitrah ini maka suatu hal yang mulia. Karena disini sudah ada contoh konkrit dari raja untuk berzakat. Sebab cerita dulu penyerahan zakat di malam hari dengan menggunakan obor," ujarnya.

Perintah zakat merupakan salah satu paling sering disebut di dalam al-qur’an, sehingga perintah zakat itu selalu digandeng dengan perintah shalat, artinya zakat merupakan realitas kebajikan sosial sekaligus kesalehan individual.



“Saya harap, dengan prosesi ini memotivasi masyarakat sumenep untuk senantiasa berbagi kebahagiaan dengan mereka yang membutuhkan," Pungkasnya. (sari)

Previous
Next Post
© 2008 KabarInvestigasi I Portal Of Investigation. Designed by : Kang Aris
Powered by KabarInvestigasi.