Selasa, 05 Juni 2018

Pemkab Sumenep Pringati Lahirnya Pancasiala

    6/05/2018   No comments

MOKI, Sumenep - Dalam rangka memperingati Hari Lahir Pancasila ke 73, Pemerintah Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur, melaksanakan upacara di halaman Kantor Bupati setempat. Bertindak sebagai inspektur upacara, Bupati Sumenep, A. Busyro Karim.



Dalam sambutannya Bupati A.Busyro Karim menerangkan, Selama73 tahun, Pancasila sudah bertahan dan tumbuh di tengah deruk ombak ediologi ideologi lain yang berusaha menggersernya.

"Pancasila sudah menjadi rumah kita ber-Bhinneka Tunggal Ika. Sungguh, Pancasila adalah berkah yang indqh diberikan Tuhan yang Maha Esa,” kata Bupati Sumenep, Senin (4/6/2018).

Menurutnya, terus  mengalir di denyut nadi seluruh rakyat indonesia sampai akhir zaman. Pancasila adalah berkah yang di berikan tuhan yang maha esa kepada kita, melalui renungan, pergulatan, pemikiran dan kejernihan batin para pendiri bamgsa.



"Pancasila berperan sebagai falsafah dalam dasar negara yang kokoh, yang menjadi fondasi di bangunnya indonesia yang bersatu, berdaulat adil dan makmur," tuturnya.

Sambung dia, rangkaian proses besar tersebut harus selalu kita dalami semangatnya dan kita pahami rohnya. Ini tanggung jawab kita untuk memastikan bahwa Pancasila selalu hadir dalam setiap sudut kehidupan serta hati dan pikiran kita.

"Persatuan merupakan pilar utama dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Kita harus terus bersatu memperkokoh semangat Bhinika Tunggal Ika, untuk menjadi bangsa yang kuat dan maju," paparnya.



Dia menambahkan, Peringatan hari Pancasila setiap tanggal 1 Juni harus dimanfaatkan sebagai momen pengikat, pemacu dan Aktualisasi nilai nilai pancasila.

"Marilah kita amalkan warisan mulia para pendiri bangsa ini untuk kemajuan negara," imbuhnya.

Bupati Busyro mengajak para tokoh agama, politisi, jajaran aparat pemerintahan, TNI-Polri, para pelaku ekonomi serta seluruh komponen bangsa, untuk bersama-sama mengamalkan pancasila dalam keseharian kita.



"Sebab semangat bersatu, berbagi  dan berprestasi akan meneguhkan derap langkah kita dalam membawa indonesia menuju negara yang maju dan jaya," terangnya.

Selebihnya, Bupati juga menyampaikan terima kasih sebesar-besarnya atas predikat opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) yang diterima Kabupaten Sumenep untuk pertama kalinya kepada seluruh elemen masyarakat dan pemerintah.

Prestasi tersebut merupakan kebanggaan tersendiri untuk pemerintah, namun di sisi lain merupakan tantangan besar untuk mempertahankannya.



“Dengan semangat kebersamaan semua pihak, kita akan mampu mempertahankan prestasi tersebut. Yakinlah bahwa tidak akan ada perjuangan yang sia-sia,” pungkasnya.(sari)

Previous
Next Post
© 2008 KabarInvestigasi I Portal Of Investigation. Designed by : Kang Aris
Powered by KabarInvestigasi.