Rabu, 25 Juli 2018

Bupati Sumenep, Koprasi Mempunyai Peran Penting Dalam Peningkatan Ekonomi Masyarakat

    7/25/2018   No comments

MOKI, Sumenep - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sumenep melalui Dinas Koprasi dan UM  menggelar upacara Hari Koperasi yang ke 71 bertempat di halaman pemkab Sumenep, Selasa 25 Juli 2018.



Dalam sambutannya, Bupati Sumenep KH. Busyro menyampaikan, dalam rangka hari Koperasi ke- 71 menitik beratkan kepada peguatan koperasi masyarakat dan pertumbuhan ekonomi Nasional.



“Koperasi mempunyai peran penting dalam meningkatkan pertumbuhan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat dan koperasi selalu menjadi penopang ketahanan ekonomi Nasional”, kata Bupati Busyro.

Sesuai data dari kementrian Koperasi dan UKM tahun 2014 memberikan kontribusi sebesar 1,71 persen, tahun 2016 mencapai 3,99 persen dan tahun 2017 meningkat menjadi 4,48 persen

Busyro menambahkan bahwa koperasi di Kabupaten Sumenep mampu menyerap tenaga kerja hingga 45 persen dengan jumlah anggota koperasi mencapai 535.941 orang dengan total modal sendiri sebesar 199 Milyard lebih dan mempunyai aset 290 Milyard.

“Ini merupakan bentuk upaya peningkatan kesejahteraan masyarakat kabupaten Sumenep melalui koperasi”, jelasnya.



Tiga hal strategis yang menjadi fokus pemerintah dalam mengembangkan koperasi yaitu menitik beratkan pada kwalitas koperasi bukan kuantitas baik d iniari aspek kelembagaan usaha maupun keuangan, membuat data best koperasi sebagai dasar pembenahan koperasi, dan pengembangan koperasi dan program di semua level difokuskan pada pengembangan koperasi.

Bahkan Bupati Sumenep berharap kepada semua koperasi yang ada di kabupaten Sumenep bisa belajar kepada koperasi yang sudah maju.

“Banyak koperasi level Nasional yang omsetnya mencapai trilyunan bahkan sudah masuk bursa efek dan mampu membeli saham hal ini bisa di jadikan motifasi bagi koperasi yang ada di kabupaten Sumenep”, harapnya



Terpisah Kepala Dinas Koprasi dan UM Kabupaten Sumenep Imam Trisnohadi menyampaikan pihaknya berkometmen untuk mengembangkan berbagai Koprasi dan UMKM yang ada di Bumi Sumekar ini.

Salah satu upaya yang dilakukan pihak dinas koprasi terkait, diantaranya memberikan penghargaan disetiap koprasi yang berprestasi, hal itu dilaksanakan sebagai bentuk komitmen.

"Semenjak kepemimpinan kami,  sudah 45 koprasi yang sudah diberikan penghargaan," katanya, Rabu (25/7/2018).



Menurutnya, selain memberikan berbagai penghargaan pada semua koprasi dikabupaten Sumenep, dirinya juga mengaku akan memberikan bantuan sosial bagi yang tidak mampu terhadap koprasi dan UMKM di ujung timur pulau madura itu.

"Nantinya bagi para usaha koprasi dan UMKM yang kurang mampu akan diberikan bantuan sosial," paparnya.

Namun demikian, pihaknya juga akan memperhatikan, melakukan pembinaan dan mengembangkan berbagai program yang berada di usaha koprasi maupun UMKM tersebut.



"Koprasi dan UMKM tetap saya akan perhatikan, dilakukan pembinaan dan pengembangan usaha, dan nantinya akan kami evaluasi," tutpnya.(sar)

Previous
Next Post
© 2008 KabarInvestigasi I Portal Of Investigation. Designed by : Kang Aris
Powered by KabarInvestigasi.