Senin, 02 Juli 2018

Di Sumenep, 61 Desa Belum Cairkan DD/ADD Tahap Pertama

    7/02/2018   No comments

MOKI, Sumenep - 61 desa di Kabupaten Sumenep, Madura Jawa Jawa Timur belum mencairkan Dena Desa dan Dana Alokasi Desa (DD/ADD) tahap pertama.



Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Sumenep, A.Masuni menyampaikan, masih ada 61 desa yang belum mencairkan dana DD/ADD. Jumlah desa tersebut karena terkendala belum menyetor anggaran pendapatan dan belanja desa (APBDes) 2018.



"Sebanyak 61 Desa belum mecairkan DD/ ADD tahap pertama," katanya, Senin (2/7/18).

Bahkan menurutnya, ada satu kecamatan yang belum mencairkan sama sekali, yaitu Kecamatan Gayam yang terdiri dari 10 desa. Sementara 269 desa dari total 330 desa/kelurahan sudah mencairkan.



“Kecamatan Gayam total 10 desa masih dalam proses penyetoran APB Desa,” ujarnya.

Sambung dia, Selain Kecamatan Gayam, kecamatan yang belum mencairkan 20 persen tahap pertama diantaranya Kecamatan Arjasa 12 desa, Kecamatan Kota 1 desa, Kecamatan Manding 5 desa, Kecamatan Bluto 1 desa, dan Kecamatan Guluk-guluk 7 desa. Menurutnya, hingga kini proses pencairan dana desa tahap I sebesar 20 persen di Kabupaten Sumenep terus dipacu.



"Terkait masih banyaknya desa yang terlambat mencairkan dana desa,diakibatkan mulai pengaktifannya proses sistem keuangan desa (Siskeudes), yang kurang paham penggunaan Siskeudes, sehingga membuat proses pelaporan menjadi lama dan terganggu dalam proses penyelesaiaan administrasi,” Pungkasnya.(sari)

Previous
Next Post
© 2008 KabarInvestigasi I Portal Of Investigation. Designed by : Kang Aris
Powered by KabarInvestigasi.