Minggu, 01 Juli 2018

Harga Bawang Lokal Anjlok Akibat Serbuan Produk Palsu Import

    7/01/2018   No comments

MOKI, Jakarta - Firman Soebagyo anggota Komisi II dan mantan Pimpinan Komisi 4 DPR RI menyampaikan rasa keprihatinannya akibat berbagai modus operandi para mafia importir pangan yang selalu membayang-bayangi rasa kecemasan masyarkat dan petani kita.



Perilaku tersebut sudah sangat tidak layak untuk diberikan toleransi, apalagi pengecualian dalam proses penegakan hukum. Karena jenis pemalsuan dengan memasukan produk komonditi pangan jelas bertentangan dengan Undang-Undang Horticultura, UU Pangan dan UU Perlindungan Pemberdayaan Petani sangat jelas mengatur tentang sangsi Pindanya.



Oleh karena itu, Firman Soebagyo yang juga aktifis dan pemerhati pertanian dan petani mendukung penuh kebijakan Menteri Pertanian Amran Sulaiman yang secara tegas memblacklis perusahaan-perusahaan yang melakukan impor bawang palsu tersebut.

Meminta secara tegas kepada aparatur penegak hukum dimulai dari satgas pangan, Kepolisian RI dan aparat penegak hukum lainya tidak mengabaikan proses hukumnya karena jelas-jelas perilaku importir tersebut melanggar hukum dan sudah memenuhi unsur pidananya karena pemalsuan.



Firman Soebagyo juga meminta YLKI dan lembaga lainya hendaknya tidak diam meyikapi persoalan pelanggaran hukum ini, jangan kenceng menyikapi isu pertembakuan dan sawit saja. Tetapi, import bawang palsu ini menyangkut dan mengganggu hak hidup masyarakat kususnya petani.

Firman Soebagyo juga meminta agar Kementerian perdagangan juga jangan berdiam diri seolah-olah tidak mau tau perilaku mafia pangan importir ini melanggar hukum yang sudah ada.



"Kami menyerukan agar masyarakat dan khususnya petani yang dirugikan turut serta mendukung Kementerian pertanian dengan melakukan upaya tututan secara proses hukun kepada pelaku mafia importir pangan yang memperkaya diri dari melakukan import bawang palsu ini. Kalau perlu swiping bersama aparatur penegak hukum lainnya ke pasar-pasar dan memusnahkan, karena bawang palsu tersebut sudah masuk ke pasar-pasar,"kata Firman Soebagyo. (Aris)

Previous
Next Post
© 2008 KabarInvestigasi I Portal Of Investigation. Designed by : Kang Aris
Powered by KabarInvestigasi.