Jumat, 27 Juli 2018

Lestarikan Budaya Lokal Nyadher, Ribuan Warga Padati Asta Syeh Angga Suto

    7/27/2018   No comments

MOKI, Sumenep - Lestarikan budaya lokal warga Desa Pinggir Papas dan Warga Karanganyar kecamatan Kalianget, Sumenep, Madura merayakan Nyadher di Asta Syeh Angga Suto, bertempat di Desa Kebun Dadap Barat Kecanatan Saronggi. Jum'at, 27/8/2018. Pukul 16 wib.



Menurut Ismail warga setempat, mengungkapkan bahwa budaya Nyadher atau Houl Syeh Angga Suto diperingati satu tahun tiga kali oleh warga desa Pinggir Papas dan warga desa Karanganyar khususnya. Nyader pertama dan kedua di gelar ketika memasuki musim penggarapan tambak garam atau memasuki musim kemarau. Sementara nyader ketiga di lakukan terakhir ketika mau masuk pergantian musim dari kemarau ke musim hujan.



"Syeh Angga Suto adalah pelopor pembuat garam pertamakali di lingkungan sini, yang sampai saat ini warga setempat menikmati hasil tani garam," katanya.Jum'at (27/8/18)

Ia menambahkan, pada acara nyader pertama, dimana warga pinggir papas dan warga Karanganyar berbondong bondong ke asta syeh Angga Suto hanya untuk berziarah dan berdoa bersama di asta Angga Suto tersebut.



"Di acara ini tidak hanya warga Pinggir Papas dan warga Karanganyar yang datang ke asta syeh Angga Suto, bisa dilihat sendiri pengunjung juga banyak dari berbagai desa," pungkasnya.(sari)

Previous
Next Post
© 2008 KabarInvestigasi I Portal Of Investigation. Designed by : Kang Aris
Powered by KabarInvestigasi.