Kamis, 12 Juli 2018

Peluang Usaha Ternak Ayam Broiler (Ayam Pedaging)

    7/12/2018   No comments

MOKI, PATI - Peluang usaha ternak ayam Broiler dengan kerjasama PT. PUAS sangat menjanjikan masyarakat yang berkeinginan mau ikut menjadi peternak ayam Broiler di wilayah Kabupaten Pati.



Masyarakat bisa memanfaatkan lahan pekarangan dengan mengajukan proposal kepada PT. PUAS yang sudah dipercaya oleh Pemerintah Kabupaten Pati atas dorongan Wakil Bupati H. Saiful Arifin dengan tujuan untuk meningkatkan Ekonomi Kerakyatan.

Setelah proposal diterima oleh PT. PUAS akan dilakukan survey lokasi, jika lokasi memungkinkan untuk tempat ternak ayam Broiler. Calon peternak akan mendapat bimbingan dan binaan cara berternak ayam Broiler. Mulai dari penyediaan bibit ayam, pakan, obat-obatan sampai hasil panen PT. PUAS akan membelinya.



Peternak cukup menyediakan lahan dan modal pembuatan kandang. Untuk pembuatan kandang memang membutuhkan modal yang cukup banyak, tetapi tidak perlu kuatir karena akan dibantu peminjaman dari BPR Bank Pasar yang sudah ditunjuk oleh Pemerintah daerah untuk memberikan modal usaha sebagai pendukung program Ekonomi Kerakyatan. Peternak tinggal menjaminkan sertifikatnya ke BPR Bank Pasar untuk mendapat pinjaman sebesar 100 Juta untuk pembuatan kandang dan bisa dilakukan mengangsur setelah panen.

Peternak tidak usah kuatir dengan angsuran tersebut, karena dengan pinjaman 100 Juta jika dibandingkan dengan hasil panen peternak masih menerima kelebihan keuntungan dari hasil panen.



Dihitung dari modal 100 Juta untuk pembuatan kandang ayam yang bisa menampung kurang lebih 6 ribu ekor ayam, jika per ekor saat panen mendapat keuntungan bersih 2.500 rupiah saja sudah dapat dibayangkan berapa keuntungan yang didapat tiap panen.

Contohnya Mochammad seorang pengusaha ayam Broiler yang berlokasi di Dukuh Jelak Kidul, Desa Tambaharjo, Kecamatan Pati saat dikunjungi oleh MOKI, dari hasil wawancara dengan penjaga kandang yang memberi penjelasan, kandang yang dimiliki pak Mochammad ini memang sangat modern dengan sistem Blower sehingga modal untuk pembuatan kandang senilai Miliaran. Tetapi kandang tersebut menampung sebanyak 24 ribu ekor ayam, bisa dibayangkan saat panen dengan penghasilan kurang lebih 2.500 rupiah saja per ekor hasilnya juga Miliaran hanya dalam waktu 27 hari.



Bagi peternak yang ingin ikut usaha ternak ayam Broiler sebagai pemula tidak perlu membuat kandang mewah, cukup kandang sederhana senilai kurang lebih modal 100 Juta yang bisa menampung 6 ribu ekor ayam. Tiap 27 hari panen sudah berpenghasilan puluhan juta sehingga dapat meningkatkan ekonomi keluarga. (Aris)

Previous
Next Post
© 2008 KabarInvestigasi I Portal Of Investigation. Designed by : Kang Aris
Powered by KabarInvestigasi.