Selasa, 10 Juli 2018

Pembukaan TMMD Ke 102 TA. 2018 Di Kecamatan Jerowaru

    7/10/2018   No comments

MOKI, LOTIM - Kodim 1615 / Lotim menggelar Upacara Pembukaan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke 102 dengan tema “ TNI Manunggal Membangun Karakter Generasi Milenial”, Selasa (10/7).



Acara Pembukaan digelar di Lapangan Umum Jerowaru ditandai dengan penyerahan bahan dan peralatan kerja secara simbolis oleh Assisten Pemerintahan Sekretaris Daerah Kabupaten Lombok Timur, Hanuddin, S.Sos selaku inspektur Upacara mewakili Bupati Lombok Timur.

Dalam kesempatan tersebut  inspektur upacara membacakan sambutan tertulis Bupati Lombok Timur yang yang didahului Ucapan terimakasih kepada semua pihak atas partisipasinya dalam mensukseskan Pilkada serentak 2018 khususnya kepada jajaran TNI-POLRI, sehingga penyelenggaraan Pilkada ini berjalan aman, lancar dan damai sesuai harapanbbersama serta Apresiasi yang tinggi kepada seluruh masyarakat khususnya di Kabupaten Lombok Timur yang telah dengan sadar turut mendukung terpeliharanya stabilitas keamanan.

Program TMMD kali ini memasuki pelaksanaan ke-102 juga merupakan bagian dari komitmen TNI  untuk ikut membangun bangsa dan negara bersama komponen bangsa lainnya secara sinergis dan berkesinambungan.



Menguatkan dan memantapkan pembangunan di daerah tertinggal dan terisolir adalah langkah penting, mengingat rentannya wilayah tersebut dan tentunya program ini sejalan dengan salah satu Nawacita Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Yusuf Kalla, yaitu "Membangun Indonesia dari pinggiran dengan memperkuat daerah-daerah dan desa dalam kerangka Negara Kesatuan".

Melihat berbagai hasil TMMD sebelumnya yang telah dinikmati masyarakat, Bupati berharap agar terus dapat bersinergi menciptakan akselerasi yang baik. Tidak saja TNI, tapi seluruh elemen, seluruh masyarakat dapat bersinergi untuk suksesnya pembangunan", ungkap Bupati Ali bin dachlan dalam sambutan tertulisnya.



Sementara itu Dandim 1615/Lotim, Letkol. Inf. Agus Setiandar, S. IP melaporkan bahwa Pelaksananaan Kegiatan TNI Manunggal Membangun Desa ke – 102 di Kecamatan Jerowaru Wilayah Kodim 1615/Lotim tahun 2018 berdasarkan Surat Telegram Danrem 162/Wira Bhakti Nomor ST/288/2017 tanggal 29 Juli 2017 tentang perintah menyusun rencana sasaran program terpadu TMMD TA. 2018 (TMMD ke 101, TMMD ke 102 dan TMMD ke 103) Imbangan serta TMMD Skala Besar,  Surat Telegram Danrrem 162/ Wira Bhakti Nomor ST / 37 / 2018 tanggal 29 Januari 2018 tentang Perintah merencanakan dan menyiapkan pelaksanaan kegiatan TMMD ke 101, ke 102, dan 103 TA. 2018, Program kerja dan anggaran Korem 162/Wira Bhakti TA 2018 bidang Teritorial, Program kerja Kodim 1615/Lotim TA. 2017 bidang Teritorial dan
Rencana kegiatan TNI Manunggal Membangun Desa ke 102 Kodim 1615/Lotim tahun 2018.

Latar belakang dilaksanakannya TNI Manunggal Membangun Desa ke 102 tahun 2018 di Wilayah Kecamatan Jerowaru adalah karena masih terdapat beberapa dusun yang terisolir karena kurangnya prasarana jalan penghubung,
masih terdapat masyarakat tani yang kesulitan untuk mengangkut hasil taninya, masih jauhnya jarak jalan yang menghubungkan antara desa di Kecamatan Jerowaru.



TMMD berlangsung dari tanggal 10 Juli sampai dengan 8 Agustus 2018, bertempat di Desa Sukadamai dengan sasaran :
Pembukaan jalan baru usaha tani sepanjang 2000 meter dan lebar 6 meter, pemasangan gorong-gorong di 17 tempat, pembuatan Plat duker ukuran panjang 6 x 3 x 1,5 meter di dusun lingkok baru menuju penalet desa Sukadamai yang menghubungkan Desa Wakan, Rehab Musholla Nurul Islam ukuran 6 x 6 meter di Dusun Embung dalem Desa Sukadamai, Pemelesteran dan pemasangan keramik Musholla At-Taubah Al-Aqso di dusun Senanti Desa Sukadamai ukuran 6 x 6 meter, Pembuatan pos kamling ukuran 2,5 x 2,5 meter di Dusun Lingkok Baru Sukadamai perbatasan dengan Desa Wakan, Pembuatan pos kamling ukuran 2,5 x 2,5 meter di Dusun Senanti Desa Sukadamai dan Pembuatan pos kamling ukuran 2,5 x 2,5 meter di Dusun Embung Dalem Desa Sukadamai perbatasan dengan Desa Sukaraja. Desa Sukaraja dengan sasaran :
Pembukaan jalan baru usaha tani sepanjang 1400 meter dan lebar 5 meter, pemasangan gorong-gorong di 14 tempat dan pembuatan plat duker ukuran 5 x 1,5 x 1 meter di  Dasan Longkang Dusun Bare Tengah Desa Sukaraja yang menghubungkan Desa Batu Putik.



Dengan sasaran non fisik : Penyuluhan kesadaran berbangsa dan bernegara, Penyuluhan kesadaran bela Negara dan cinta tanah air, Penyuluhan wawasan kebangsaan, Penyuluhan pengetahuan masyarakat bidang kesehatan, Penyuluhan kemampuan sebagai komponen cadangan dan pendukung, Penyuluhan pertanian, perikanan dan peternakan, Penyuluhan hokum, kamtibmas dan narkoba, Penyuluhan KB dan Kesehatan, Penyuluhan kelestarian lingkungan hidup, dan pemutaran film perjuangan kepada masyarakat. Dana kegiatan TMMD ke 102 ini bersumber dari APBD Pemerintah Daerah Kabupaten Lombok Timur tahun 2018 yang diberikan dalam bentuk swakelola.



Hadir dalam Upacara tersebut Danrem 162/Wira Bhakti beserta jajarannya , unsur Forkopimda dan Kepala OPD kab.Lotim, Camat Jerowaru dan jajarannya, Tokoh Agama dan tokoh Masyarakat serta undangan lainnya. (Red)

Previous
Next Post
© 2008 KabarInvestigasi I Portal Of Investigation. Designed by : Kang Aris
Powered by KabarInvestigasi.