Sabtu, 14 Juli 2018

Pemkab Sumenep Gelar Festival Kuliner Nusantara

    7/14/2018   No comments

MOKI, Sumenep-Pemerintah Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Tumur, melalui dinas Pertanian Tanaman Pangan Holtikultura dan Perkebunan (Dispertahorbun) Setempat menggelar Festival Kuliner Nusantara. Sabtu, 14/7/2018.



Kegiatan yang merupakan rangkaian tahun kunjungan wisata ini, terdiri dari berbagai acara. Di antaranya Workshop Kuliner dan Cooking Demo bertempat di GNI (Gedung Nasional Indonesia).

Ribuan warga dari berbagai daerah, baik dari Sumenep maupun luar Sumenep, bertempat di sepanjang jalan Trunojoyo Kota Sumenep.

Dari pantauan media terrlihat warga menyerbu stand-stand dari beberapa rumah makan, untuk mencoba menu kuliner yg mereka sajikan. Ada Kaldu Khas Sumenep, Campor Sumenep, Sate Madura hingga Kamboya, kue khas dari Pulau Kangean tersedia dalam festival ini.

“Kegiatannya Festival Kuliner Nusantara ini rangkaian dari agenda Visit Sumenep tahun 2018. Pagi tadi ada pawai kuliner yang dilanjutkan cooking demo bersama chef nasional, chef Marinka,” Papar. Bambang Heriyanto, Kepala Dispertahorbun. Sabtu (14/7/2018).

Selain pawai, cooking demo dan pameran kuliner, Festival ini juga menggelar sejumlah kegiatan lain. Diantaranya lomba masak soto sabrang, lomba foto dan vlog.



Bambang menambahkan, panitia juga menggelar Fun Trip bersama ratusan biro travel dan biro hotel se Indonesia. Selain itu, panitia juga akan menggelar gala dinner bersama kementerian pariwisata.

“Tujuannya untuk mengenalkan potensi wisata Sumenep, khususnya kulinernya kepada semua pihak,” jelasnya.

Sementara Ketua TP PKK Kab. Sumenep Nur Fitriana Busyro Karim sekaligus membuka Workshop Kuliner. “Memang tema saat ini fokus pada soto Saberang. Sebab, semja wilayan di Sumenep banyak saberang, hampir 160 ton per tahun. Itu data di 2016 lalu, ” kata Ketua TP PKK Nur Fitriyana Busyro Karim.



Acara tersebut cukup spesial dengan kehadiran salah satu chef ternama di Indonesia, Chef Marinka. Perempuan bernama asli Maria Irene Santoso itu hadir sebagai pembicara sekaligus melakukan demo memasak yang sehat, enak dan lezat, ditemani Chef Adi, chef asal Sumenep yang sudah berpengalaman.

“Hari ini cukup spesial karena kita kedatangan tamu yang juga spesial, yaitu Chef Marinka,” Ucapnya.



Istri Bupati Sumenep itu berharap, kehadiran Chef cantik yang lahir pada tanggal 22 Maret 1980 di kabupaten paling timur pulau Madura kali ini dapat menginspirasi dan menularkan keahliannya kepada para peserta workshop.

“Lebih dari itu, dari kegiatan ini saya juga berharap di Sumenep lahir chef-chef handal, seperti Chef Marinka dan Chef Adi, dan kuliner khas daerah ini bisa lebih terkenal di nusantara,” harapnya.

Sementara itu, berkaitan dengan agenda FKN kali ini, Bupati Sumenep, A. Busyro Karim berharap dukungan dari semua pihak untuk bersama-sama menyukseskannya. Karena tujuan akhir dari kegiatan semacam itu ialah pemberdayaan ekonomi masyarakat.



“Ketika banyak acara semacam ini, maka akan banyak masyarakat dari luar daerah di Indonesia, bahkan dari luar negeri, datang ke Sumenep. Mereka akan membelanjakan uangnya di daerah ini. Sehingga akan memberi peluang kepada masyarakat, terutama yang kreatif, untuk memberikan sesuatu yang bermakna bagi dirinya atau masyarakat secara umum,” Pungkasnya. (sar)

Previous
Next Post
© 2008 KabarInvestigasi I Portal Of Investigation. Designed by : Kang Aris
Powered by KabarInvestigasi.