Sabtu, 28 Juli 2018

Tradisi Lorodan, Ramaikan "Bersih Desa Dan Tujuh Belasan" Dukuh Beran Tambaharjo Pati

    7/28/2018   No comments

Wardoyo, salah satu panitia Bersih Desa dan HUT Kemerdekaan Republik Indonesi.
MOKI, PATI-Dalam rangka meramaikan jelang Bersih Desa dan Peringati HUT Kemerdekaan Republik Indonesia, pemuda Dukuh Beran, Desa Tambaharjo, Kecamatan Pati, Kabupaten Pati mengadakan lomba Lorodan (Pucang) dari dana swadaya pemuda. Sabtu, 28/7/2018. Pukul, 16.30 Wib.



Ternyata nilai-nilai Nasionalisme mencintai budaya bangsa Indonesia masih ada dikalangan pemuda untuk melestarikan budaya peninggalan bangsa sebagai ajang mempererat persatuan dan kesatuan dalam mempeetahankan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Hal ini dilakukan oleh pemuda Dukuh Beran untuk meramaikan jelang menyambut HUT Kemerdekaan RI dan Bersih Desa, para pemuda tersebut sangat inspiratif dengan mengumpulkan uang dari sakunya sendiri bisa meramaikan suasana mengadakan hiburan dalam bentuk Lorodan (Pucang).

Lorodan ini diartikan sebagai bentuk perjuangan seperti yang dilakukan oleh para Pahlawan dalam mempertahankan Bangsa Indonesia di medan perang. Ternyata betapa sulitnya para Pahlawan merebut bangsa Indonesia dari penjajahan sampai bangsa ini merdeka.



Salah satu panitia Bersih Desa dan HUT Kemerdekaan RI Wardoyo mengatakan, "Kami sangat bangga dengan pemuda-pemuda Dukuh Beran yang memiliki inspiratif mengumpulkan dana secara swadaya untuk mengadakan lomba Lorodan. Jadi, Lomba Lorodan ini pesertanya ya mereka-mereka sendiri dan sumber dananya dari sakunya sendiri. Hal ini dilakukan supaya peringatan jelang HUT Kemerdekaan RI dan Bersih Desa biar ramai sekaligus nguri-nguri Lorodan sebagai budaya bangsa agar tidak punah dimata masyarakat,"katanya.

"Menjelang peringatan HUT Kemerdekaan RI dan Bersih Desa Dukuh Beran banyak lomba-lomba yang akan kami adakan agar terasa meriah, lomba-lomba tersebut dimulai hari ini sampai nanti tanggak 17 Agustus dengan diakhiri penyerahan hadiah kepada para pemenang lomba,"imbuhnya Wardoyo.



Semoga semangat jiwa Nasionalisme pemuda-pemuda Dukuh Beran tersebut tetap dijaga dan ditingkatkan sehingga bisa ditiru oleh pemuda-pemuda lainnya yang sudah mulai luntur jiwa Nasionalismenya. (Aris)

Previous
Next Post
© 2008 KabarInvestigasi I Portal Of Investigation. Designed by : Kang Aris
Powered by KabarInvestigasi.