Sabtu, 18 Agustus 2018

Barongsai Ramaikan Kegiatan HUT RI ke 73 di Kota Sabang

    8/18/2018   No comments

Atlet Barongsai Dragon Fighter saat tampil dihalaman Hotel Nagoya Kota Sabang, Sabtu (18-08-18), siang.
MOKI, Sabang-Berbagai macam aneka lomba rakyat dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan RI yang ke 73 di Kota Sabang diantaranya adalah penampilan Barongsai. Perlu diketahui masyarakat bahwa Barongsai kini telah menjadi salah satu cabang olahraga yang turut diperlombakan pada ajang PORA dan PON.



Tampilnya Barongsai pada acara lomba rakyat yang dilaksanakan oleh Pemilik Hotel Nagoya Sabang Johannes Wangsa selaku Sponsor Ship, merupakan undangan kehormatan bagi Klub Barongsai Dragon Fighter, dalam rangka menyemarakkan pertandingan lomba tarik tambang, lomba minum susu dan lomba lainnya, Sabtu (18/08/18) siang.

Demikian dikatakan oleh Dafy Prayoga selaku Ketua Klub Dragon Fighter didampingi Pelatih Klub Hengky ST pada Wapemred MOKI. Kegiatan ini merupakan Eksebisi Klub Dragon Fighter dalam rangka persiapan mengikuti Event tingkat Aceh, Regional dan Kejurnas tahun 2019 mendatang, ujarnya.



Dikatakan, Dragon Fighter merupakan satu-satunya Klub Barongsai yang ada di Kota Sabang dibawah naungan Pengurus Kota (Pengkot) Federasi Olahraga Barongsai Indonesia (FOBI) yang masuk dalam wadah pembinaan dari KONI Kota Sabang.

Sebagai salah satu cabang olahraga yang dipertandingkan pada ajang PORA dan PON, FOBI Aceh telah mempersembahkan Medali Perunggu untuk Kontingen Aceh dalam peraihan Medali Katagori Tradisional di PON XIX di Jawa Barat tahun 2016 lalu, kata Dafy Prayoga.



Lebih lanjut Dafy mengatakan, saya sangat berterima kasih sekali kepada pemilik Hotel Nagoya Johanes Wangsa, yang telah mendukung kegiatan Klub Barongsai Dragon Fighter pada ajang peringatan HUT Kemerdekaan RI ke 73 tahun ini.

Kedepannya, rencana Klub Dragon Fighter akan melakukan Atraksi Barongsai Tradisional pada acara Penutupan tahun Desember 2018 mendatang. Harapan saya selaku Ketua Klub, adanya Donatur lainnya seperti Johanes Wangsa, tujuannya agar eksebisi tersebut dapat terlaksana dan dapat menghibur masyarakat Kota Sabang di penutupan tahun 2018 dengan atraksi Barongsai Tradisional dari Klub asal Kota Sabang, tukas Dafy Paryoga.



Pada kesempatan yang sama, Pelatih Dragon Fighter Klub Hengky ST saat ditemui MOKI selepas acara atraksi mengatakan, para atlet Klub Barongsai yang ada sekarang ini baru dilatih selama lima bulan, karena berdirinya Dragon Fighter Klub tanggal 22 Maret 2018. Namun demikian, anak-anak berlatih sangat giat sekali dan dapat kita lihat atraksi yang mereka lakukan, ujarnya.

Hengky juga menerangkan, para atlet yang sekarang berlatih di Klub adalah siswa-siswi Sekolah Dasar dan Sekolah Menegah Pertama dan Sekolah Menengah Atas. Khusus para pemain musik kesemuanya masih bersekolah di Sekolah Dasar. Pemain Barongsai yang atraksi tadi dan yang berada di posisi bawah adalah Gunawan siswa SMA kelas III dan yang posisinya diatas Ricky siswa SMA kelas II.



Untuk Barongsai Putri di posisi bawah Puspa (14) siswi SMP kelas III dan yang berda di posisi atas Talita (11) siswi SD kelas V, untuk bagian musik terdiri dari pemukul tambur Vinsen (12) dan pemain kecer Shafa (9) SD kelas IV, Divo (9) SD kelas III, Rafi (9) SD kelas III, Hafidh (13) SMP kelas II, pemain kenong Resi (13) SMP kelas II, dan jumlah anggota Klub Dragon Fighter 31 orang, terang Hengky.

Ditambahkannya, perlombaan rakyat dalam rangka HUT RI ke 73 yang dilaksakan oleh Hotel Nagoya Sabang adalah, lomba lompat karung, lomba tarik tambang, lomba minum susu, sepak bola memakai daster, membawa kelereng dengan sendok, lomba memakan kerupuk, Oreo, dan memakan Mie.



Sebelum acara dimulai, keseluruhan para kru Hotel terlebih dahulu menyanyikan bersama-sama lagu 17 Agustus secara serempak, dan barulah Barongsai Nampil Atraksi. Ketika acara lomba rakyat selesai, para penonton yang jumlahnya lebih dari dua ratusan orang, meminta kembali agar Baronsai dapat tampil karena banyak yang belum melihat atraksi Barongsai, pungakas Hengky ST.(Wapemred)

Previous
Next Post
© 2008 KabarInvestigasi I Portal Of Investigation. Designed by : Kang Aris
Powered by KabarInvestigasi.