Jumat, 24 Agustus 2018

Dewan Desak Masyarakat Tani Urus Kartu Tani

    8/24/2018   No comments

MOKI, Sumenep - Penyaluran barang bersubsidi seperti pupuk organik di Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur bergantung kepada kartu tani. Legislatif mendesak agar masyarakat tani mengurus kartu tersebut.Sebab apabila tidak memiliki kartu tani, dikabarkan tidak bisa memperoleh barang bersubsidi apapun dari pemerintah.



Ketua Komisi II DPRD Sumenep Nurus Salam mengatakan, pemerintah memperioritaskan petani yang mempunyai kartu tani. Bagi yang tidak memiliki, pihaknya mendesak agar segera mengurus kartu tersebut agar barang bersubsidi dari pemerintah bisa dinikmati maksimal oleh masyarakat.



"Secara aturan,  semua regulasi pemerintah untuk meningkatkan pembangunan sektor pertanian," ucapnya.

Kartu tani menurutnya, bagian dari salah satu upaya.Dengan kartu tani, masyarakat tani bisa terpenuhi dan terorganisir. Namun Nurus sedikit mengoreksi pemanfaatan kartu tani, apakah lebih efektif atau justru sebaliknya.Sebab sejauh ini, tidak sedikit masyarakat tani yang belum mendapatkan kartu itu.



"Hingga saat ini petani yang belum mendapatkan kartu tani belum diketahui penyebab dasarnya. Seperti enggan berkelompok atau tidak mengetahui informasi." Katanya. Jum'at (24/8/18)

Dia menambahkan, beberapa pekan lalu, pihaknya berkonsultasi dengan Menteri Pertanian, menanyakan progres pemanfaatan kartu tani. Apakah kartu tani adalah akhir dari sebuah proses untuk mendapat barang bersubsidi pupuk. Jika kartu tani menjadi persyaratan paten pemerintah, mestinya keberadaan kartu itu sudah bisa dirasakan manfaatnya.



"Jika ini tidak efektif,maka perlu mengubah pola lain," tuturnya.

Dia berharap realisasi kartu tani di Kabupaten Sumenep bisa berjalan efektif. Pihaknya mendesak agar masyarakat tani bersatu dalam kelompok.



"Kami harapkan masyarakat tani bersatu dalam kelompok," pungkasnya. (sari)

Previous
Next Post
© 2008 KabarInvestigasi I Portal Of Investigation. Designed by : Kang Aris
Powered by KabarInvestigasi.