Senin, 06 Agustus 2018

Firman Soebagyo Ikut Panen Bawang Merah Di Sidoharjo Wedarijaksa Pati

    8/06/2018   No comments

MOKI, PATI-Firman Soebagyo anggota DPR RI panen bawang merah bersana Asosiasi Bawang Merah Indonesia (ABMI) Kabupaten Pati didampingi Kepala Desa seKecamatan Wedarijaksa di Desa Sidoharjo, Kecamatan Wedarijaksa, Kabupaten Pati. Senin, 6/8/2018. Pukul, 11.00 Wib.



Firman Soebagyo ikut panen bawang merah berharap, petani bawang diwilayah Kabupaten Pati lebih meningkatkan hasil panennya dan untuk menjaga kesetabilan harga petani tidak menjual hasil panen kepada tengkulak.

"Jadi sekarang ini ketika menghadapi masa panen terjadi gejolak terhadap masalah stabilitas harga, dilaporkan oleh teman-teman petani kemarin itu harga di bakul atau tengkulak masih Rp 9000 per kilogram tapi hari ini sudah turun menjadi Rp. 7.000 per kilogram. Petani menghendaki harga keekonomian sekitar Rp. 15.000 karena untuk biaya operasional mulai dari bibit sampai dengan panen kalau harga pasar sekarang Rp. 7000 per kilogram petani akan menghadapi kerugian,"kata Firman Soebagyo.

Problem yang dihadapi sekarang ini tidak stabilnya harga bawang merah harus ada gerakan supaya mendapat dukungan dari Pemerintah, agar Indonesia bisa menjadi swasembada bawang merah untuk ekspor.



Hari ini petani bawang merah sudah bersepakat bagaimana kalau dibangun gudang sendiri sebagai solusi untuk menyimpan hasil panen supaya tidak dibeli oleh tengkulak. Kalau memiliki gudang penyimpanan sendiri Asosiasi Bawang Merah Indonesia bisa memisahkan hasil panen sesuai dengan gatenya. Dijual ketika pasar membutuhkan sesuai gatenya, jadi harga nantinya bisa stabil sesuai yang diinginkan oleh petani. (Aris)

Previous
Next Post
© 2008 KabarInvestigasi I Portal Of Investigation. Designed by : Kang Aris
Powered by KabarInvestigasi.