Senin, 06 Agustus 2018

Marak Tambak Ilegal, Pemkab di Minta Tegas

    8/06/2018   No comments

MOKI, Sumenep - Maraknya keberadaan tambak udang yang tidak mengantongi izin alias ilegal. Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sumenep, Madura,  Jawa Timur diminta menindak tegas.



Salah satunya tambak udang yang belum mengantongi izin di Desa Kombang Kcematan Talango belum kunjung disikapi. Padahal masyarakat mendesak agar Pemkab bertindak, sebelum terjadi bentrok antar warga.



Anggota Komisi II DPRD Sumenep Akis Jasuli menyampaikan, tambak udang yang tidak berizin sudah jelas melanggar peraturan daerah (Perda). Sehingga tidak ada alasan Pemkab Sumenep untuk tidak menutup paksa tambak udang yang ilegal.

"Seharusnya memang ditutup kalau memang tidak ada izinnya,karena memang aturannya seperti itu. Penegak Perda, seperti Satpol PP bersama tim yang ada di Pemkab harus menutup," katanya. Senin (6/8/18)



Politisi muda asal Pulau Talango itu mengaku mendapat informasi dari masyarakat. Persoalan yang saat ini sedang memanas ada dugaan penyerobotan lahan warga oleh pembangunan tambak tersebut. Jika kabar itu benar adanya, Akis menilai karena belum maksimal menyikapi masalah tambak yang selama ini belum mengantongi izin.

"Pemkab harus bertindak pada aktivitas tambak itu agar masalah semakin tidak melebar. Apalagi pembangunannya sudah berlangsung sejak dua tahun lalu tanpa izin." terangnya.



Ditambah lagi lanjutnya, isu tambak udang di Bumi Sumekar saat ini menjadi perhatian publik. Masalah tersebut berkaitan erat dengan isu agraria yang dikuasai pemodal. Sehingga masalah tersebut,seperti di Talango harus disikapi dengan serius.

Terpisah, Kepala Satpol PP Sumenep Fajar Rahman mengaku, pihaknya akan bergerak dengan tim yang ada, dalam hal ini instansi perijinan dan lingkungan hidup. Menurutnya, untuk menindak tambak yang diduga ilegal tidak bisa sendirian tetapi harus bersama tim yang terdiri dari Dinas Lingkungan Hidup, Dinas Penanaman Modal Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Sumenep.



"Kami sudah berkoordinasi dan sudah ada pembicaraan untuk menindak lanjuti tambak udang yang ilegal. Oleh karenanya,ia berjanji bersama tim akan turun ke lokasi untuk mengecek langsung tambak udang," tegasnya.(sari)

Previous
Next Post
© 2008 KabarInvestigasi I Portal Of Investigation. Designed by : Kang Aris
Powered by KabarInvestigasi.