Rabu, 15 Agustus 2018

Tersandung Masalah Hukum Karena Bawa 17 Burung

    8/15/2018   No comments

MOKI, Tangerang-Konteks burung,tak lepas dari keindahan suaranya.Ternyata untuk memiliki burung harus mengetahui aturan atau Undang Undang.  Apalagi bila warga negara asing, tentunya masing masing negara memiliki Undang Undang yang patut diketahui warganya.



Bagaimana dengan terdakwa Kao Hsing te karena tidak tahu aturan atau Undang undang kepemilikan burung atau memang pura pura tidak tahu ,harus mengikuti persidangan walaupun menjadi tahanan kota. Karena perbuatannya membawa 17 burung  dilindungi tanpa dilengkapi dokumen resmi menyebabkan dirinya harus duduk dikursi pesakitan dan siap menerima sanksi hukum

Pada dakwaannya,Jaksa Penuntut Umum Taufik Hidayat menjelaskan bahwa panggal 14 April 2018 tengah malam  diterminal 3, terdakwa ditangkap petugas Avsek.karena kedapatan membawa 17 kantong warna hitam berisi beberapa burung yang dilindung, seperti Anis,Kacer dan kleci yang disimpan dalam koper.Terdakwa bisa melewati x ray,namun tas koper berisi 17 burung tidak berhasil. Setelah diperiksa dokumen kepemilikannya yang tidak jelas,selanjutnya terdakwa  diserahkan ke petugas karantina.



Sama halnya dengan keterangan saksi dr.hewan Ambar Retnowati dari petugas karantina Bandara SoeTa tangerang. "Benar bahwa terdakwa ditangkap petugas Avsec kemudian diserahkan kepada kami pak hakim,"kata Ambar dihadapan ketua majelis hakim Irvan Siregar.

Perbuatan terdakwa melanggar  pasal 31 ayat (1) jo pasal 7 UURI No.16 tahun 1992 mengenai karantina hewan, tumbuhan dan ikan. "Ancaman 3 thn penjara denda 150.juta rupiah,"terangnya Disisi lain terdakwa mengaku suka akan hewan jenis burung. "Saya beli burung tersebut dipasar burung pramuka jakarta, kata kao melalui penterjemahnya.



warga negara asing yang mengikuti persidangan menjadi perhatian kuli tinta di Pengadilan Negeri Tangerang,karena terkait isue, suara sumbang atau dugaan uang untuk memperingan sanksi hukuman.  Dihimbau KPK memonitor perjalanan sidang perkara ini. (Ton)

Previous
Next Post
© 2008 KabarInvestigasi I Portal Of Investigation. Designed by : Kang Aris
Powered by KabarInvestigasi.