Selasa, 25 September 2018

550 Orang Peserta Diklat Keterampilan Pelaut Di Sabang

    9/25/2018   No comments

Walikota Sabang diwaakili Staf Ahli Sarbibi, Ka. KSOP Siti Hajar, Ka. BP2IP Capt. Anugrah dan peserta Diklat Pelaut Putera/puteri.
MOKI, Sabang-Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kelas V Sabang bekerjasama dengan BP2IP Malahayati Banda Aceh, mengadakan Pelaksanaan Pendidikan dan Latihan (Diklat) Keterampilan Pelaut dari tanggal 24 s/d 28 September 2018 dibuka oleh Walikota Sabang diwakili oleh Staf Ahli Bidang Pemerintahan Ir. Sarbini. Hadir pada acara pembukaan tersebut, Unsur Forkopimda, Kepala Distrik Navigasi Sabang Abd. Rahman SH, Ka. BPKS diwaili, Kepala BP2IP Capt. Anugrah, KSOP Malahayati, Ka. Bea Cukai, dan undangan lainnya, Selasa (25/08-18) pagi.



Pendidikan dan Latihan (Diklat) Keterampilan Pelaut yang pertama sekali diadakan di Kota Sabang dengan peserta Diklat yang cukup banyak hingga mencapai 550 orang, merupakan rekor yang luar biasa untuk Provinsi Aceh. Apalagi para peserta Diklat terdiri dari Putera dan Puteri dari usia 16 s/d 35 tahun, dengan jumlah peserta Puteri mencapai 30 % sungguh pencapaian prestasi baik bagi cikal bakal pelaut di Aceh.

KSOP Sabang Siti Hajar SE, M.Sc pada pidatonya mengatakan, kami selaku panitia dapat melaksanakan kegiatan ini pembelajaran Diklat Keterampilan Pelaut yang hari ini akan dibuka oleh Bapak Walikota Sabang yang diwakili o;eh Staf Ahli Bidang Pemerintahan Pemko Sabang, ujarnya.



Dikatakan juga bahwa, kami mengucapkan terimakasih kepada Kepala Badan Diklat BP2IP Malahati Aceh dan Bapak Walikota Sabang yang sudah bersedia mengakomodir keinginan kita bersama dapat terselenggaranya Diklat ini. Begitu juga dengan pihak BPKS yang telah bersedia membantu menyediakan tempat pelaksanaan acara di ruangan Pelabuhan CT 3 dan tempat praktek lapangan. Ucapan terimakasih juga kami ucapkan kepada Bapak Kepala Distrik Navigasi Sabang, dan para Keuchik yang ada di Kota Sabang.

Proses dapat terjadi Diklat ini berkat kerjasama antara KSOP Kelas V Sabang dengan Badan Diklat BP2IP, karena meskipun saya baru bertugas bulan Agustus di Kota Sabang tetapi saya merasa tertantang dan menginkan agar para putera/puteri Aceh khususnya putera/puteri Sabang dapat mengikuti Dikalat dengan semangat Maritime yang tinggi, kata Siti Hajar.



Dengan Diklat ini, maka anak-anak yang ada di Sabang tidak perlu harus mengikuti Diklat di BP2IP selama 4 bulan, baru bisa mendapatkan Sertifikat BST, AFF dan SAT. Pendidikan dan Latihan Ketrampilan Pelayaran yang diadakan ini dilaksanakan secara Gratis, dan ini cukup membantu bagi masyarakat Aceh dan Sabang khususnya yang ingin mengikutinya.

Diklat secara Gratis ini baru dapat dilaksanakan apabila pesertanya berjumlah 300 peserta, namun pada pendaftaran awal pesertanya telah mencapai 350 orang. Karena salah satu syarat penerimaan CPNS di Kemengub Ditjenla khususnya Tamatan SMA plus Dasar Pelaut maka, semakin membludaklah peserta yang ingin mendaftar diri untuk mengikuti Diklat Keterampilan Pelaut di Sabang hingga mencapai 550 orang peserta, ujar KSOP Siti Hajar.



Kepala BP2IP Malahati Aceh selaku Badan Diklat, Capt. Anugrah Prasetyo M,Sc pada kata sambutannya mengatakan bahwa, Diklat Keterampilan Pelaut yang dilaksanakan sekarang ini adalah bersertifikat keluaran Internasional. Jadi Sertifikat ini adalah yang dikeluarkan oleh International Maritime Organisation (IMO) yang diturunkan kepada Negara Indonesia ditangani oleh Kementrian Perhubungan, ujarnya.

Sehingga regulasi-regulasi yang akan kita laksanakan adalah secara Internasional, dan yang dikeluarkan nanti adalah sertifikat Internasional yang bisa digunakan diseluruh dunia. Dengan sertifikat Internasional tersebut, maka ada aturan - aturan yang tidak bisa dihindarkan. Karena aturan – aturan itu mengikat yang mungkin anda ketahui adalah “ Tidak boleh Buta Warna “, karena Buta Warna sangt berpengaruh dengan kegiatan diatas kapal.



Sertifikat ini digunakan untuk diatas kapal dan dapat digunakan seluruh kapal-kapal, sertifikat ini dapat digunakan pada kapal Tanker, Kargo, Peti kemas maupun Pasanger. Sehingga jangan khawatir kalau anda lulus dan seandainya anda pernah bekerja menjadi Bar Tender, Koki atau pekerjaan lainnya anda bisa bekerja dikapal-kapal Luar Negeri, kata Anugrah.

Dijelaskan juga bahwa, kalau ingin bekerja di kapal Cruise (pesiar), apabila tamatan SMK Ekonomi kesempatan bekerja du kapal Pesiar juga ada, karena di kapal tersebut kapasitasnya adalah Hotel jadi terbuka kesempatan.



Paya berharap anda mengikuti proses pembelajaran, karena ini adalah Sertifikat Dasar Pelaut atau Basic Sefty Training (BST) jadi sebagai dasar keselamatan bekerja diatas kapal seperti menangani kebakaran diatas kapal dan kecelakaan – kecelakaan lainnya, jelas Capt. Anugrah Prasetyo.

Walikota Sabang pada pidatonya yang dibacakan oleh Staf Ahli Bidang Pemerintahan Sarbini mengatakan, atas nama Pemerintah Daerah kami mengucapkan selamat datang kepada peserta sekalian, dan semoga selama mengikuti Diklat Keterampilan Pelaut ini para peserta dilimpahkan kesehatan, kegenbiraan dan perlindungan Allah SWT, ujarnya.



Pemerintah Daerah menyambut baik dan memberikan Aspresiasi yang tinggi kepda BP2IP Malahayati Aceh atas dipilihnya Kota Sabang sebagai tempat penyelenggaraan kegiatan Diklat Keterampilan Pelaut ini. Dan juga tidak lupa Aspresiasi kami kepada Kepala Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan Kelas V Sabang atas prakarsanya sehingga terlaksana kegiatan ini.

Ini merupakan kegiatan penting, yang bertujuan untuk meningkatkan wawasan tentang keterampilan pelaut yang nantinya mendapatkan sertifikat BST, AFF dan SAT. Semoga sertifikat ini dapat bermanfaat bagi peserta sekalian didalam memenuhi persyaratan kerja dibawah Kementrian Perhubungan, kata Sarbini



Dengan demikian keberadaan BP2IP mempunyai peranan penting dan strategis dalam membantu Kepala Daerah menciptakan kondisi masyarakat yang berketerampilan pelaut yang profesional. Semoga kedepan BP2IP akanmelaksanakan Diklat – Diklat lamjutannya di Kota Sabang. Harapan saya kepada peserta agar mengikuti Diklat secara sungguh=sungguh, sehingga apa yang kita cita – citakan dapat terwujud dan menjadi bekal yang bermanfaat, pungkas Ir. Sarbini. (Tiopan. AP)

Previous
Next Post
© 2008 KabarInvestigasi I Portal Of Investigation. Designed by : Kang Aris
Powered by KabarInvestigasi.