Jumat, 14 September 2018

Lapas Over Kapasitas, Begini Kata Kakanwil Kemenkumham Jawa Timur

    9/14/2018   No comments

MOKI, Sumenep – Hingga kini semua  lembaga pemasyarakatan (Lapas) dan rumah tahanan negara (Rutan) di Jawa Timur over kapasitas.



Pernyataan itu di sampaikan Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM (Kanwil Kemenkumham) Jawa Timur, Susi Susilawati saat menghadiri pisah sambut Karutan Klas IIB Sumenep, Rabu (13/9/18) kemaren.

Menurutnya sebagai solusi, khususnya bagi Rutan yang sudah over kapasitas, termasuk di Sumenep, dia menyarankan agar narapidana yang vonis hukumannya di atas dua tahun supaya dipindahkan ke Lapas.



"Cuma persoalannya, saat ini hampir seluruh Lapas di Jawa Timur ini sudah over kapasitas. Bahkan ada yang lebih 100 persen,” katanya kemarin, 13 September 2018, di Sumenep.

Sebagai jalan keluar, selama over kapasitas Rutan tidak berlebihan dan tidak mengarah kepada pelanggaran HAM karena hal tersebut, maka Rutan tetap bisa menampungnya.

Diberitakan Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM (Kanwil Kemenkumham) Jawa Timur, Susi Susilawati  menghadiri Serah terima jabatan dan pisah sambut Karutan Klas IIB Sumenep itu dilaksanakan di lapangan olahraga Rutan Sumenep, Kamis (13/9/2018) pagi.

Kepala Rutan Klas IIB Sumenep yang lama, Muhammad Kurnia mendapat tugas baru menjadi Kepala Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Khusu Narkotika Klas IIIB Samarinda.



Sementara, penggantinya adalah Beni Hidayat, yang sebelumnya menjabat sebagai Kepala Keamanan Lapas Nakotika  Klas II Jakarta.(sar)

Previous
Next Post
© 2008 KabarInvestigasi I Portal Of Investigation. Designed by : Kang Aris
Powered by KabarInvestigasi.