Senin, 24 September 2018

Menara Suar Pintu Gerbang Keselamatan Pelayaran

    9/24/2018   No comments

MOKI, Sabang-Peringatan Hari Menara Suar ke 4 yang dilaksanakan di Halaman Kantor Distrik Navigasi Sabang dengan Inspektur Upacara Kepala Distrik Navigasi Sabang Abd. Rahman SH, Komandan Upacara Indra Bina Utama SH dn Perwira Upacara Sophan Sophian berjalan tertib dan lancar. Pada upacara peringatan tersebut turut dinilai PNS Teladan selaku Tekhnisi Menara Suar Teladan Bustami dan Operator Menara Suar Teladan Busra Alfian, Senin (24/09-16) pagi.



Upacara peringatan Hari Menara Suar setiap tanggal 22 September, merupakan kegiatan yang telah dilaksanakan pada empat tahun terakhir oleh Distrik Navigasi Sabang, karena Menara Suar merupakan Sarana Bantu Navigasi Pelayaran (SBNP) salah satu komponen dalam penyelenggaraan Kenavigasian dalam mendukung keamanan dan Keselamatan Pelayaran.

Kepala Disteik Navigasi Sabang Abd. Rahman SH pada kata sambutannya membacakan pidatao Direktur Jenderal Perhubungan Laut Ir. R. Agus H Purnomo mengatakan, Hari Menara Suar bagi Apartur Sipil Negara (ASN) Distrik Navigasi tentunya memiliki makna yang mendalam untuk melakukan Inspeksi atau mawas diri terhadap pelaksanaan tugas. ujarnya.



Dikatakan juga, betapa pentingnya fungsi dan peranan Menara Suar sebagai Sarana Bantu Navigasi Pelayaran (SBNP) bagi dunia pelayaran pada umumnya. Menara Suar sebagai SBNP merupakan salah satu komponen dalam menyelenggarakan Kenavigasian mendukung keamanan dan keselamatan pelayaran, perlindungan Maritime termasuk sebagai salah satu alat untuk menjaga batas wilayah kedaulatan NKRI.

Keberadaan Menara Suar sangat penting membantu Navigator dalam menentukan posisi atau Haluan Kapal menunjukkan arah daratan dan adanya Pelabuhan. “ Maka beberapa Menara Suar di Indonesia telah dijadikan sebagai titik dasar untul menetapkan wilayah Negara sesuai ketentuan dalam Konvensi Hukum Laut tahun 1982 “, kata Abd. Rahman.

Hari Peringatan Menara Suar mempunyai dua sisi manfaat yang tidak dapat dipisahkan dengan yang lainnya. Sisi Pertama terbentuknya jiwa Korsa dan kebersamaan seluruh keluarga besar kenavigasian. Manfaat kedua, terciptanya aspresiasi positif dari dunia pelayaran kepada Navigasi yang terus menerus berubah untuk menjadi lebih baik dalam upaya meningkatkan fungsinya demi keselamatan dan keamanan pelayaran.



"Sebagai bentuk pengakuan dan aspirasi terhadap peran Menara Suar dan petugas Penjaga Menara Suar, Pemerintah telah menetapkan Hari Menara Suar yang di peringati setiap tanggal 22 September “.

Tahun ini merupakan tahun ke 4 diperingatinya Hari Menara Suar harus dimaknai sebagai momentum yang tepat untuk merenungkan kembali terhadap kinerja kita serta menyatukan persepsi dan tekad untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat.



Oleh karena itu, dalam menyambut hari baik ini tema Hari Menara Suar tahun 2018 adalah “ Keandalan Menara Suar Sebagai Pintu Gerbang Keselamatan Pelayaran “, sebagai pemicu semangat petugas Penjaga Menara Suar untuk tetap menjaga agar Menara Suar tetap dan terus bercahaya untuk menerangi para Pelaut sehingga layak disebut sebagai “ Sang Pengawal Cahaya “.

Hal lain yang perlu menjadi refleksi dan peringatan Hari Mensu ini adalah pentingnya konsistensi pada spektrum keselamatan dan pelayaran yang merupakan harga mati dan tidak bisa ditawar serta meningkatkan peran serta masyarakat untuk mensosialisasikan keberadaan dan manfaat SBNP.



Meningkatkan koordinasi dengan Pemerintah Daerah, Mitra kerja dan Instansi terkait sehingga dengan demikian dapat ikut serta mendukung program Nawacita Pemerintah, sebagai program unggulan adalah TOL kaut yang memerlukan dukungan keselamatan pelayaran.

Distrik Navigasi memiliki peranan penting yang amat strategis dalam terwujudnya keselamatan dan keamanan pelayaran sebagai urat nadi kelancaran transportasi. Maka segenap Aparatur Sipil Negara (ASN) Distrik Navigasi Samarinda dituntut untuk memperkuat komitmen dan dedikasi untuk bekerja keras yang nyata serta dijiwai 5 Citra Manusia Perhubungan dengan semboyan ‘ Kala Jivam Asti “, pungkas Abd. Rahman mengakhiri pidatonya.



Selepas membacakan pidato Dirjen Perhubungan laut, Kepala Distrik Navigasi Sabang menyerahkan Piagam Penghargaan dan hadiah Kulkas kepada Tekhnisi Menara Suar (TMS) Teladan Bustami dan Opertor Menara Suar Teladan (OMS) Busra Alfian, disaksikan segenap peserta upacara ASN Disnav Sabang.(Tiopan. AP)

Previous
Next Post
© 2008 KabarInvestigasi I Portal Of Investigation. Designed by : Kang Aris
Powered by KabarInvestigasi.