Sabtu, 13 Oktober 2018

Fistival Sapi Sonok, Ini Respon Bupati Sumenep

    10/13/2018   No comments

MOKI, Sumenep – Festival Sapi Sonok yang gelar  Dinas Kebudayaan Pariwisata Pemuda dan Olahraga ( Disbudparpora ) Sumenep, di lapangan karapan sapi Giling, Desa Bangkal Kecamatan Kota Sumenep, Madura, Jawa Timur di buka langsung  Bupati Sumenep A. Busro Karim. Sabtu 13/10/2018.



Acara kontes sapi sonok diikuti sebanyak 60 pasang (sapi hias) yang menampilkan kecantikan dan para pemilik sapi satu persatu bergiliran menampilkan sapinya yang telah di hias dengan diiringi menggunakan musik saronin yang dibawa oleh pemilik sapi.

Dalam sambutannya Bupati Sumenep, A. Busyro Karim mengatakan kontes sapi sonok merupakan budaya madura khususnya Sumenep yang harus kita tingkatkan, sebab sapi sonok merupakan budaya tradisional, sehingga orang-orang yang dari pusat mengenal apa kontes sapi sonok.

Mantan Ketua DPRD Sumenep ini menegaskan, dari hasil konsultasinya dengan pakar wisata, Sumenep memiliki potensi wisata yang luar biasa. Tetapi Sumenep kalah jauh dalam sektor promosi wisata yang ada. Untuk itu, promosi inilah yang harus diseriusi agar seluruh wisata di ujung timur pulau Madura ini bisa dikenal dikancah nasional maupun internasioanal.



"Potensi wisata di Sumenep ini luar biasa, bahkan lebih dari Banyuwangi, tetapi kalahnya Sumenep tidak mampu mempromosikan potensi yang ada, di tingkat nasional bahkan internasional,” katanya. Sabtu (12/10)

 Lanjut Busyro,  Disbudparpora untuk terus mempromosikan budaya sapi sonok dengan dunia yang serba digital ini. Sehingga tamu-tamu yang dari luar manca negara mengenal apa itu sapi sonok.

Masih dalam persoalan festival Sapi Sosok, Busyro menyebut, Sapi Sonok tanpa event pun sebenarnya sudah bisa berjalan, mengapa harus masuk dalam agenda tingkat Kabupaten? Karena pemerintah setempat menginginkan ada nilai ekonomis lebih melalui pengunjung luar daerah yang datang bagi masyarakat setempat.



"Di tingkat kecamatan, sudah biasa diselenggarakan sapi sonok, sebelum ada agenda visit 2018 Sapi Sonok sudah berjalan. Tetapi dengan adanya event visit diharapkan para wisatawan bisa masuk ke Sumenep, sehingga ada nilai ekonomis lebih untuk masyarakat Sumenep sendiri,” pungkasnya. (sar)

Previous
Next Post
© 2008 KabarInvestigasi I Portal Of Investigation. Designed by : Kang Aris
Powered by KabarInvestigasi.