Jumat, 12 Oktober 2018

Komisi ll DPRD, Peningkatan PAD Sumenep Butuh Inovasi

    10/12/2018   No comments

MOKI, Sumenep - Peningkatan PAD( Pendapatan Asli Daerah) Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur harus ada inovasi untuk mendongkrak pendapatan daerah.



PAD (Pendapatan Asli Daerah) tidak mencapai target yang ditentukan sesuai dengan amanah yang ada dalam RPJM (Rencana Program Jangka Menengah).Bahkan, keberadaan PAD dari sejumlah sektor pendapatan bisa dibilang stagnan dari tahun-tahun sebelumnya. Itu lantaran pemerintah dinilai tidak visioner dalam mengelola dan meningkatkan PAD Kabupaten Sumenep.

Anggota komisi II DPRD Sumenep Ahmad menyesalkan tidak berkembangnya pendapatan PAD kabupaten ujung timur pulau Madura ini. Seharusnya, tahun lalu menjadi acuan untuk berpacu meningkatkan PAD yang lebih baik. Kalau PAD nya tetap jelas sangat mengecewakan. Seharusnya lebih meningkat dibandingkan dengan tahun sebelumnya.



"Kalau ada peningkatkan berarti kinerja yang ditunjukkan cukup bagus," kata pria yang sekaligus Juru bicara Pansus ini. Jum'at (12/9/2018)

Dia menuturkan, anehnya pendapatannya malah stagnan seperti tahun sebelumnya. Tidak hanya itu, Sumber PAD juga bertumpu pada objek yang sama dengan tahun-tahun lalu. Otomatis, tidak akan memberikan kesan peningkatan. Objek sama maka sudah pasti pendapatannya sama.

"Jika itu terjadi berarti instansi terkait tidak bekerja. Bekerja hanya sebatas formalitas memenuhi standar saja, namun tidak berpikir pada pengembangan dan peningkatan PAD," tuturnya.



Politisi PAN ini mengungkapkan, melihat fakta berarti sumber objek pendapatan tidak ada inovasi yang lain dan bisa mendongkrak pendapatan daerah. Seharusnya setiap tahun berpikir inovatif agar mengalami pertumbuhan. Apalagi, kabupaten dengan slogan kota keris ini memiliki potensi yang bisa digarap untuk bertumbuhnya pendapatan daerah.

"Potensi alam kita luar biasa, wisata apalagi. Jadi,hanya dituntut bagaimana instansi kreatif dan inovatif dalam meningkatkan PAD, ungkapnya.

Menurut Ahmad, pihaknya mendesak tahun ini dan setelahnya agar bisa berpikir untuk meningkatkan pendapatan daerah. Sementara objek sumber pendapatan juga harus ditambah. PAD yang besar akan memberikan ruang kreasi meningkatkan pembangunan di Sumenep.



"Jadi, jangan tangungtanggung untuk menggarap semua potensi yang bisa menopang meningkatkannya PAD Sumenep," tukasnya.(sar)

Previous
Next Post
© 2008 KabarInvestigasi I Portal Of Investigation. Designed by : Kang Aris
Powered by KabarInvestigasi.