Kamis, 18 Oktober 2018

Perlasa Sabang Akan Memiliki Kantor Baru

    10/18/2018   No comments

MOKI, Sabang-Persatuan Pelaut Sabang (Perlasa) akan melaksanakan Lounching Sekretariatnya sebagai Kantor wadah bagi pertemuan para Pelaut, untuk kepentingan tersebut para Pelaut melaksanakan rapat awal untuk menyusun panitia pelaksana Lonching yang diwacanakan dihadiri oleh Walikota Sabang.



Rapat yang dihadiri lebih dari lima puluh orang para Pelaut Kota Sabang tersebut memilih Bobby selaku Ketua Panitia Pelaksana, Kamis (19/10-18) pagi di Sekretariat Perlasa Jalan Seulawah depan Taman Ria.

Ketua Perlasa Capt. Sidik Indra Fajar pada keterangan Persnya ketika ditemui Wapemred MOKI mengatakan, rapat dakam rangka Lounching Kantor Perlasa untuk membentuk panitia pelaksa peresmian kantor Perlasa merupakan langkah awal menuju kesuksesan para pelaut.

Tenaga kerja pelaut Sabang yang kian hari kian bertambah banyak sangat membutuhkan satu perkumpulan yang dapat menyatukan mereka sekaligus sebagai tempat bernaung dan berkeluh kesah. Oleh karena itu para pelaut mewacanakan persatuan yang dapat membantu mereka dalam memperjuangkan nasib dalam mencari peluang pekerjaan, ujarnya.



Seperti kita ketahui bersama bahwa baru-baru ini KSOP Sabang bekerjasama dengan BP2IP Malahayati Aceh Besar melaksanakan Pelatihan Dasar Pelaut yang jumlahnya mencapai 550 orang dan diantaranya 30 % peserta pelatihan adalah wanita. Jumlah ini sangatlah luar biasa bagi perkembangan tenaga pelaut Aceh khususnya pelaut Kota Sabang, dan perlu diberdayakan untuk dapat merauh apa yang dicita-citakan.

Dengan adanya persatuan pelaut tidak tertutup kemungkinan sepuluh persen dari peserta latihan dapat meraih pekerjaanya. Para pelaut juga perlu dibekali berbahasa Inggris yang baik sebagai pengantar saat bekerja sehingga pemilik perusahaan pelayaran yang diminati dapat menerimannya, jelas Capt Sidik.

Lebih lanjut Dia juga mengatakan, Keputusan IMO Manila 2010 yang harus dilaksanakan mengenai persyaratan bagi tenaga kerja pelaut merupakan tantangan yang harus disikapi dengan profesional. Oleh karena itu setiap tenaga kerja pelaut baik untuk tingkat dasar maupun tingkat Nautika dan Mekanik harus benar-benar mahir berbahasa Inggris agar dapat bersaing dengan tenaga kerja Asing lainnya.



Pengurus Perlasa juga akan berupaya bekerjasama dengan pihak Pemerintah Daerah dengan cara mengajukan Program Pelatihan Bahasa Inggris bagi para tenaga kerja Pelaut Sabang yang setiap tahunnya bertambah secara signifikan. Harapan tersebut bukanlah hal yang mustahil sebab, semakin banyak para tenaga kerja pelaut yang bekerja diluar negeri maka semakin banyak mengurangi pengangguran, kata Sidik Indra.

Persaingan tenaga kerja pelaut Indonesia khususnya Sabang dengan tenaga kerja pelaut yang ada di Asia Tenggara hanya dalam berbahasa. Kalau hal ini dapat kita atasi akan membuka peluang yang sangat baik sebab masalah skil para pelaut kita tidak kalah dengan para pelaut negara tetangga kita.



Kita juga telah menyurati kepada PT. SIM pemilik Kapal Cepat rute Balohan – Ulhee Lheue agar dapat bekerjasama dalam perekrutan ABK perusahaan Kapal mereka. Diharapkan kerjasama ini dapat berjalan baik dan bermanfaat bagi para pelaut yang ada di Sabang, begitu juga dengan perusahaan kapal lainnya yang ada di Aceh kerjasama tersebut sangatlah diharapkan, tukas Capt. Sidik.(Tiopan. AP)

Previous
Next Post
© 2008 KabarInvestigasi I Portal Of Investigation. Designed by : Kang Aris
Powered by KabarInvestigasi.