Selasa, 09 Oktober 2018

Satker Ditjenhubla Wilayah Provinsi Aceh Adakan Rekonsiliasi Penyusunan Laporan Keuangan

    10/09/2018   No comments

Kadisnav Sabang Abd. Rahman SH, Ka. UPP Tapak Tuan Syamsul Arief Hutagalung, KSOP Sabang Siti Hajar SE,M.Sc, dan Kasubbag TU Disnav Sabang Zakaria SH, saat pembukaan acara Rekonsiliasi, di Mata Ie Resort & Cotgate Ujung Kareung Sabang, Senin (08/10-18).
MOKI, Sabang-Rekonsiliasi Penyusunan Laporan Keuangan untuk Triwulan ke III tahun 2018 yang diadakan oleh Satuan Kerja (Satker) Kementrian Perhubungan Direktorat Jenderal Perhubungan Laut, dibuka langsung oleh Kepala Distrik Navigasi Sabang selaku Koordinator Kementrian Perhubungan Wilayah Provinsi Aceh, Abd. Rahman SH, Senin (08/10-18) sore di Mata Ie Resort & Cotgate Gampong Ujung Kareung Kecamatan Sukajaya Kota Sabang.



Koordinator Kemenhub Wilayah Provinsi Aceh Abd. Rahman SH ketika membuka acara Rekonsiliasi Penyusunan Laporan Keuangan yang direncanakan dari tanggal 08 s/d 10 Oktober 2018 pada kata sambutannya mengatakan, acara Rekonsiliasi Penyusunan Laporan Keuangan data SAI dan BMN semester III Tahun Anggaran 2018 ini adalah merupakan salah tugas kita yang harus kita laksanakan, ujarnya.

Dikatakan juga bahwa, Rekonsiliasi data SAI dan BMN ini dalam waktu yang singkat diharapkan dapat kita laksanakan perbaikan-perbaikan data penyamaan persepsi sehingga menghasilkan data yang akurat tentang Sistim Akutansi Instansi (SAI) dan Barang Milik Negara (BMN) dilingkungan kita khususnya Perhubungan Laut.

“Dengan keteraturan dan kebenaran serta keakuratan data itu diharapkan menjadi nilai penting bagi Kementrian Perhubungan khususnya dalam mencapai OpiniWTP yang juga didapatkan pada tahun-tahun sebelumnya “, kata Abd. Rahman.



Lebih lanjut Rahman mengatakan, pencapaian untuk meraih Opini WTP ini tidak lain adalah masalah kepercayaan Pemerintah atau Auditor kepada Laporan Keuangan dan BMN kita, layak dapat dipercaya dengan keakuratan dan kebenaran data yang di input akan menjadi bahan petugas kita untuk melaksanakan data Rekonsiliasi di tingkat Korwil yang akan laksanakan di Batam.

Korwil Provinsi Aceh akan merekap dan menginput data-data yang ada pada UPT khususnya Direktorat Jenderal Perhubungan Laut, dan selanjutnya akan dijadikan bahan data Rekonsiliasi akan dibawa untuk tingkat Korwi. Diharapkan kita dapat menyamakan data dan persepsi tentang laporan Keuangan sehingga dapat menjadi Laporan yang akuntable dan dipercaya kebenarannya, tukas Korwil Kemenhub Aceh Abd. Rahman SH.

Pada kesempatan yang sama selepas acara pembukaan Rekonsiliasi, Kepala Unit Pengelola Pelabuhan (UPP) Tapak Tuan Aceh Selatan ketika ditemui Wapemred MOKI mengatakan, Rekonsiliasi Laporan Keuangan yang dilaksanakan oleh Panitia Satker Korwil Provinsi Aceh adalah mengenai data Sistem Akutansi Instansi (SAI) yang terdiri dari Sistem Informasi Managamen Akutansi (SIMAK) dan Barang Milik Negara (BMN), ujarya.



Dikatakan, peserta yang ikut Rekonsiliasi terdiri dari 12 UPT di Aceh terdiri dari Distrik Navigasi Sabang, KSOP Malahayati, KSOP Lhokseumawe, KSOP Meulaboh, KSOP Sabang dan KSOP Kuala Langsa. Selanjutnya peserta dari UPP Tapak Tuan, UPP Calang, UPP Susoh, UPP Singkil, UPP Idi serta UPP Sinabang.

UPP Tapak tuan mengirimkan dua orang peserta Bendahara Penerima dan Bendahara Pengeluaran, hal ini dilakukan agar data-data yang dilaporkan pada Semester III Tahun Anggaran 2018 dapat sesuai dan akurat.

Dengan adanya Rekonsiliasi yang dilaksanakan oleh Satker Korwil Provinsi Aceh di Sabang ini, maka persepsi untuk menyamakan data SAI (SIMAK dan BMN) yang lebih akuntable akan tercapai, pungkas Syamsul Arief Hutagalung.



Hadir pada acara pembukaan Rekonsiliasi Penyusunan Laporan Keuangan Tri wulan III TA 2018 Direktorat Jenderal Perhubungan Laut Wilayah Provinsi Aceh, KSOP Sabang Siti Hajar SE, M.Sc, Kepala UPP Tapak Tuan Syamsul Arief Hutagalung, Kasubbag TU Disnav Zakaria SH, Kasie Operasi Disnav M.Jamil SH, Kasie Logistik Disnav Mulyadi, Bendahara Disnav Ismayadi SE dan Kepegawaian Disnav Sabang Safruddin SH. (Tiopan. AP)

Previous
Next Post
© 2008 KabarInvestigasi I Portal Of Investigation. Designed by : Kang Aris
Powered by KabarInvestigasi.