Minggu, 14 Oktober 2018

Sepudi Berduka, TNI-POLRI Pastikan Negara Hadir Di Tengah-Tengah Kepiluan Masyarakat

    10/14/2018   No comments

MOKI, Sumenep – Pasca terjadinya gempa bumi di pulau Sepudi, kabupaten paling ujnung  Sumenep, Madura, Jawa Timur yang memporak porandakan rumah dan  3 nyawa sekaligus TNI bersama Polri bahumembahu sambangi dan lakukan langkah kongkrit untuk warga kepualauan Sapudi.



TNI yang dalam hal ini adalah Jajaran Kodam 5 Brawijaya dan Kodim, dibantu oleh Bipur dan Bek ang dari Kodam 5 Brawijaya bersama Polda Jawa Timur dibantu oleh Polres Sumenep dan Polres-Polres samping.

“Dari satu kesatuan yang bekerjasama dari berbagai Tim yang di kerahkan oleh TNI dan POLRI mungkin hampir mencapai seribu personil, hal tersebut membuktikan bahwa Negara hadir di tengah-tengah masyarakat yang sedang ditimpa musibah gempa” tutur Humas Polres Sumenep Agus, Minggu.(14/10)

Pihaknya menyampaikan bahwa kedatangan ratusan personil gabungan tersebut telah melakukan langkah-langkah kemanusian seperti menyelamatkan korban.



"Termasuk 3 orang yang meninggal sudah kami lakukan langkah-langkah kemanusiaan, bahkan juga korban yang luka-luka baik luka ringan, sedang maupun luka berat sudah ditangani dengan baik oleh tim medis yang kami sediakan, insyaAllah sudah membaik," tuturnya.

Para personil gabungan juga sudah melakukan langkah-langkah lain, seperti pemberian sembako bahan-bahan yang di perlukan baik berupa beras, Indomie, pakaian dan lain sebagainya yang jumlahnya hampir seribuan.

Selain menerjunkan ratusan tenaga medis, Tim gabungan juga sudah menerjunkan timKonseling yang terdiri dari Polwan dan Kolwat untuk memberikan traumahiming agar masyarakat kembali secara psikologis untuk berkehidupan secara rutin lagi.



Sementara ibu-ibu Bhayangkari dan ibu-ibu Persit bahu membahu ada didapur lapangan untuk sekedarnya memberikan bantuan makanan yang pada saat itu belum siap untuk dimakan, dan itu terus 1x 24 jam kami lakukan.

“Tidak kalah pentingnya kami menjamin ke amanan disini Polres Sumenep, Kodim 0827 , Dandim bahu membahu Patroli dsi samping melakukann fungsi pengamanan kami menjamin keamanan" tegasnya.



"Disini juga kami lakukan upaya-upaya kenanusiaan dan perdata mungkin hampir 500san bangunan atau rumah beberapa bangunan itu ada Musolla, Masjid, Balai juga ada Yayasan, Panti Asuhan, Peaantren, Madrasah dan juga rumah-rumah itu rusak, tetapi tidak dalan katagori rata, ada klasifikasi rusak berat, ringan ada juga sedang” imbuhnya

Pihaknya menyampaikan bahwa saat ini sedang dilakukan pendataan dan akan segera dilakukan upaya-upaya prefakeri oleh pemerintah, dalam hal ini BPBD juga TNI dan Polri.

Sedangkan terkait isu-isu akan adanya gempa susulan yang mengakibatkan banyaknya masyarakat ketakutan pihaknya akan melakukan tindakan hukum, penjaminan keamanan yang juga dilakukan di media sosial, bahkan beberapa tersangka yang melakukan pidana ujaran kebencian dan Hoax sudah di tangkap.



Pihaknya menghimbau agar masyarakat tidak panik dan takut karena adanya berita-berita gempa susulan, selain itu ia menegaskan agar masyarakat tidak menyebarkan tindakan yang berupa kebohongan atau Hoax.(sari)

Previous
Next Post
© 2008 KabarInvestigasi I Portal Of Investigation. Designed by : Kang Aris
Powered by KabarInvestigasi.