Senin, 19 November 2018

Bupati Sumenep, Pimpinan OPD Harus Tingkatkan Serapan APBD 2018

    11/19/2018   No comments

MOKI, Sumenep-Bupati Sumenep, Dr. KH. A. Busyro Karim, M.Si instruksikan pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) untuk meningkatkan serapan dana program masing-masing OPD-nya di Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kabupaten  Sumenep 2018.

“Serapan APBD hingga saat ini masih rendah, buktinya berdasarkan data serapannya masih mencapai 46 persen dari total APBD 2018, padahal ini sudah bulan November.” tegasnya di sela-sela Pelantikan dan Pengambilan Sumpah Jabatan Administrator dan Pengawas di Pendopo Agung Keraton Sumenep, Senin (19/11).

Bupati menyatakan, rendahnya serapan anggaran di APBD Kabupaten Sumenep 2018, penyebabnya banyak rekanan yang belum mengajukan pencairan, padahal mereka sudah mengerjakan dan menyelesaikan pekerjaan fisik.

“Kalau uangnya sudah ada di Kas Daerah (Kasda) dan kami siap kapan saja untuk mencairkan uangnya, hanya saja hingga detik ini terkendala di pelaksanaan program yang belum mengajukan administrasi pencairan dananya.” tutur suami Nurfitriana ini.

Bupati menyampaikan, pihaknya optimis serapan APBD 2018 diatas 70 persen hingga tutup anggaran, sebab pencairan proyek pembangunan untuk pencairan tahap ke tiga diperketat pengawasannya.

“Kami memang memperketat pengawasan untuk proses pencairan tahap ke tiga, itu dilakukan agar pekerjaan proyek pembangunan APBD Kabupaten Sumenep benar-benar berkualitas.” imbuh Bupati dua periode ini.

Bupati mengakui, pengesahan APBD Kabupaten Sumenep tahun 2018 dilakukan pada bulan Oktober tahun lalu, termasuk juga pengesahan APBD 2019 dilaksanakan pada 31 Oktober kemarin.

“Saya minta OPD untuk membuat perencanaan pelaksanaan program APBD 2019 pada bulan November dan Desember tahun ini, supaya bulan Januari 2019 bisa melaksanakan programnya, kecuali program menunggu waktu semisal program yang bersifat teknis menunggu Petunjuk Teknis (Juknis) dan pembiayaannya melalui Dana Alokasi Khusus (DAK) termasuk kondisi cuaca.” pungkasnya. ( Sar )

Previous
Next Post
© 2008 KabarInvestigasi I Portal Of Investigation. Designed by : Kang Aris
Powered by KabarInvestigasi.