Jumat, 23 November 2018

Rokat Tase’ Sebagai Ungkapan Rasa Syukur Masyarakat Nelayan

    11/23/2018   No comments

MOKI, Sumenep-Pemerintah Kabupaten Sumenep melalui Dinas Perikanan mengadakan Rokat Tase’ (Petik Laut) sebagai rangkaian kegiatan Tahun Kunjungan Wisata atau Visit Sumenep 2018.

Bupati Sumenep, Dr. KH. A. Busyro Karim, M.Si mengatakan, masyarakat tidak perlu mempertentangkan Rokat Tase’, sebab kegiatan itu adalah kekayaan tradisi lokal, bahkan murni bagian dari sejarah dan budaya masyarakat nusantara, khususnya di Kabupaten Sumenep selama berabad-abad lamanya.

“Masyarakat menggelar Rokat Tase’ sebagai bentuk rasa syukur kepada Allah SWT atas rejekinya dan mengharapkan barokah, agar penghasilan nelayan semakin bertambah,” tegas Bupati pada Festival Nelayan dan Rokat Tase’ di Desa Aengpanas, Kecamatan Pragaan, Kamis (22/11/2018) .

Bupati menyatakan, masyarakat mengungkapkan rasa syukur dengan berdo’a kepada Allah SWT, bahkan mewarnai Rokat Tase’ dalam kegiatannya juga diadakan khataman Al-Qur’an, mengaji bersama dan kegiatan keagamaan lainnya.

“Saya mengimbau masyarakat untuk mempertahankan tradisi dan budaya yang baik, dan jangan memelihara sesuatu tradisi dan budaya yang tidak baik, mengingat kita sudah memiliki pedoman dalam kehidupan,” imbuhnya.

Bupati mengungkapkan, pelaksanaan Rokat Tase’, selain sebagai ungkapan rasa syukur kepada Allah SWT, juga menjadi motivasi bagi warga nelayan maupun kawasan pantai untuk senantiasa menjaga kelestarian lingkungan.

“Dengan Rokat Tase’ itu meningkatkan motivasi masyarakat nelayan di Kecamatan Pragaan untuk meningkatkan produktifitas di bidang perikanan, sebab, produksi ikan di Kabupaten Sumenep cukup besar, yakni mencapai 58.000 ton. Namun, produksi industri olahan ikan masih rendah, yakni hanya 19.602 ton,” pungkasnya.

Sementara pelaksanaan larung diikuti oleh nelayan dengan iringan-iringan sebanyak 20 lebih perahu hias. (Sar)

Previous
Next Post
© 2008 KabarInvestigasi I Portal Of Investigation. Designed by : Kang Aris
Powered by KabarInvestigasi.