Minggu, 16 Desember 2018

Bupati Sumenep, Pelaku Ekonomi Kreatif Manfaatkan Teknologi

    12/16/2018   No comments

MOKI, Sumenep-Bupati Sumenep, Madura, DR. A.Busyro Karim berharap pelaku ekonomi  kreatif memanfaatkan perkembangan teknologi digital sebagai sarana memasarkan produknya secara online kepada masyarakat.

Melalui teknologi itu sangat efektif untuk memperluas penjualan produk unggulannya.

“Saya harapkan para pelaku ekonomi kreatif atau Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) dan pengrajin harus mampu memanfaatkan teknologi digital sebagai sarana aktivitas penjualan produk unggulannya. Itu dilakukan seiring dengan pergeseran gaya hidup masyarakat yang awalnya adalah konsumen konvensional berpindah menjadi konsumen digital atau sistem online.” kata Bupati Sumenep, Dr. KH. A. Busyro Karim, M.Si di sela-sela kegiatannya meninjau stand peserta Pameran Pembangunan Kecamatan Eks Pembatu Bupati Kecamatan Bluto, di Lapangan Sepak Bola setempat, Minggu (16/12/2018).

Bupati mengatakan, pelaku UMKM dan pengrajin harus menguasai digitalisasi agar bisa memanfaatkan semaksimal mungkin untuk meningkatkan pemasaran produk dalam rangka pengembangan usaha. Apalagi masyarakat pengguna internet di Indonseia berdasarkan survey awal tahun 2018, dari 137 juta pengguna internet diantaranya sebanyak 40 persen memanfaatkannya untuk membeli produk secara online.

“Memanfaatkan teknologi digital dalam pemasaran produk tentu saja pelaku ekonomi kreatif atau UMKM memiliki kesempatan yang sama dengan pelaku usaha besar atau perusahaan untuk menjual produknya hingga ke luar daerah. Bahkan pelaku UMKM dan pengrajin dengan teknologi digital itu menghemat pengeluaran seperti sewa toko dan gaji karyawan.” imbuh suami Nurfitriana ini.

Pada kesempatan itu Bupati bersama Ketua Tim Penggerak (TP) PKK Kabupaten Sumenep, Ny. H. Nurfitriana Busyro saat meninjau stand Pameran Pembangunan Kecamatan tertarik dengan kerajinan barang antik berupa kursi dan meja terbuat dari kayu jati.

Sebelumnya Bupati bersama Ketua TP PKK Kabupaten Sumenep melepas ribuan peserta Jalan-Jalan Sehat (JJS) dengan memperebutkan hadiah utama satu unit sepeda motor, satu unit sepeda gunung dan sejumlah hadiah hiburan lainnya.

Ia berharap pelaku UMKM atau ekonomi kreatif agar dalam memasarkan melalui sistem online, harus menjaga kepercayaan pembeli baik itu kualitas, produk yang baik dan ketepatan waktu pengiriman sampai ke konsumen.

“Saatnya pelaku UMKM dan pengrajin di Sumenep berani mempromosikan produknya melaui online seperti menggunakan media sosial dan lainnya. Jadikanlah kecanggihan telepon genggam atau gadget untuk meningkatkan pemasaran produk agar penjualannya semakin bertambah.” tandas Bupati dua periode ini. (Sar)

Iklan-Devis
Previous
Next Post
Tidak ada komentar:
Write komentar

© 2008 MOKI I Media Online Kabar Investigasi. Designed by : Kang Aris
Powered by KabarInvestigasi.