Sabtu, 15 Desember 2018

Di Sumenep, Puluhan Warga Nelayan Nyaris Bakar Perahu Nelayan Jaring Sarkak

    12/15/2018   No comments

MOKI, Sumenep-Puluhan Warga nelayan, Kecamatan Gapura nyaris membakar perahu nelayan Boat Dredges yang beroperasi dengan menggunakan jaring alat Sarkak diperairan Wilayah Kecamatan Talango, Sabtu (15/12/2018).

Pasalnya, gerakan aksi pembakaran itu, masyarakat nelayan dipicu dengan terjadinya kerusakan pada alat tangkap yang mereka miliki yakni, jaring pasif dan bubu, sebagai alat menangkap ikan rajungan yang diduga akibat tersangkut pada alat tangkap sarkak.

“Massa berkumpul mau melakukan aksi patroli sendiri untuk menangkap nelayan jaring sarkak, untuk diserahkan dan diproses secara hukum oleh satpol Airud Polres Sumenep,” kata Hendri Kurniawan, Ketua AMN dan PEL.

Namun, aksi tersebut dapat digagalkan oleh ketua Aliansi Masyarakat Nelayan dan Pemerhati Ekosistem Laut (AMN&PEL) Sumenep. Hingga kemudian massa dapat membubarkan diri dengan tertib.

Sementara, kata Hendri, Anggota DitPol Airud Polda Jatim, langsung bergerak tiba dilokasi kejadian, Pada pukul 14.00 wib. ” Mereka memberikan pengarahan sekaligus pembinaan terhadap masyarakat dan meyakinkan bahwa penegak hukum akan bertindak lebih maksimal lagi,” ungkapnya.

Lanjut Hendri, Ditpol Airud Polda Jatim, Fathor Rahman berjanji akan menindak tegas bagi yang pelanggar jalur pemakaian alat tangkap sarkak, sesuai Permen-KP nomor: 71/ PERMEN/2016. “Pol Airud Polda Jatim akan menindak tegas, kalau masih ada perahu alat jaring yang menggunakan Sarkak,” tandasnya.(sar)

Iklan-Devis
Previous
Next Post
Tidak ada komentar:
Write komentar

© 2008 KabarInvestigasi I Portal Of Investigation. Designed by : Kang Aris
Powered by KabarInvestigasi.