Selasa, 22 Januari 2019

Angka Kematian Ibu Di Pati Menurun

    1/22/2019   No comments

MOKI, PATI-Angka Kematian Ibu (AKI) di Kabupaten Pati mengalami penurunan, dari sebelumnya di angka 15 pada tahun 2017 turun menjadi 11 di 2018.

AKI adalah angka kematian ibu yang disebabkan oleh kehamilan, persalinan dan pasca persalinan/nifas di suatu wilayah pada kurun waktu tertentu pada setiap
100.000 kelahiran hidup.

"Penurunan AKI menjadi salah satu indikator untuk melihat derajat kesehatan perempuan di suatu daerah", terang Bupati Pati Haryanto, kemarin, usai menghadiri rapat koordinasi kepegawaian dinas kesehatan, di Aula Gedung Dinas Kesehatan Pati.

Haryanto selama ini mengaku getol mendorong penurunan AKI di Kabupaten Pati. "Saya sering sampaikan itu pada kegiatan-kegiatan Dinas Kesehatan. Akhirnya Dinkes Pati merespon baik dengan melakukan sejumlah terobosan baru guna menurunkan AKI", jelas Bupati.

Salah satunya adalah dengan penyelenggaraan konsultasi ahli per Kawedanan guna mendeteksi ibu hamil yang memiliki resiko tinggi. Kegiatan ini melibatkan dokter spesialis kandungan dan spesialis penyakit dalam.

"Alhamdulillah beberapa Kabupaten yang pernah study banding ke Pati malah meniru terobosan kami, salah satunya Kabupaten Kendal", ungkapnya.

Kualitas kesehatan yang baik, diakui Bupati mampu mencegah kematian ibu saat melahirkan. Meski gangguan kesehatan itu terkadang muncul menjelang akhir kehamilan, seperti misalnya Eklamsia.

“Eklamsia atau tekanan darah yang tiba-tiba tinggi, ini masalah serius pada masa kehamilan akhir,” tutur Bupati yang diwawancarai bersama Kepala Dinas Kesehatan. (Red)

Iklan-Devis
Previous
Next Post
Tidak ada komentar:
Write komentar

© 2008 KabarInvestigasi I Portal Of Investigation. Designed by : Kang Aris
Powered by KabarInvestigasi.