Rabu, 02 Januari 2019

Cek Kedisiplinan ASN, Bupati Pimpin Apel Perdana 2019

    1/02/2019   No comments

MOKI, PATI-Demi mengecek kedisiplinan Aparatur Sipil Negara (ASN) pasca liburan, Bupati Pati Haryanto, Selasa pagi (2/1), mendadak memimpin apel perdana di tahun 2019 di halaman Kantor Setda.

Dalam arahannya, Haryanto kembali mengingatkan tentang disiplin pegawai. "Kalau sudah libur lama tapi masih belum masuk juga, ini bukti bahwa kedisiplinan kita masih kurang", ujar Bupati.

Aparatur Sipil Negara (ASN) Kabupaten Pati bahkan diminta introspeksi dengan berkaca pada artis Uut Permatasari yang kemarin mengisi peringatan pergantian tahun. "Uut Permatasari  konsisten bernyanyi di tengah hujan. Sebagai istri AKBP, mungkin tak masalah bagi dia untuk mundur karena hujan. Tapi karena komitmen dengan kontrak pekerjaan, maka ia all out. Ini tidak jauh beda dengan ASN. Mustinya kalau kita terima gaji pun kinerja juga harus all out", tegas Bupati.

Haryanto pun meyakini masih ada saja ASN di Pati yang hanya absen lalu menghilang. "Hal buruk semacam ini harusnya sudah harus dihilangkan di tahun 2019. Kita harus berbenah !", imbuhnya.

Menurutnya, semua harus bisa introspeksi dan mawas diri.

"Jujur saya berterima kasih sudah dibantu para ASN hingga berhasil meraih banyak penghargaan dan prestasi. Sebab saya sendiri tidak mungkin bisa seperti ini kalau tidak didukung team work yang solid", imbuhnya.

Terkait rencana penyerahan Dokumen Pelaksanaan Anggaran (DPA), Bupati meminta agar kegiatan tak menumpuk di akhir tahun.  "Saya kadang heran. Saat nerima DPA kan sudah ada pakta integritas yang salah satu poinnya adalah untuk tidak menumpuk kegiatan di akhir tahun, tapi prakteknya setiap tahun masih ada yang seperti itu", lanjut Bupati.

Terlebih bagi OPD yang terkait dengan pembangunan infrastruktur, pihaknya meminta agar kegiatan bisa lebih awal dilaksanakan. "Bagian Pengadaan Barang dan Jasa  juga harus proaktif.  Yang lelang harus dikejar sehingga jauh-jauh hari program itu dapat dilaksanakan lebih baik", terang Haryanto.

Ia pun mengaku tak segan untuk memberikan sanksi bagi para ASN yang melakukan pelanggaran. "Sebagai contoh dan pembelajaran, baru-baru ini saya menandatangani penurunan pangkat tiga orang yang melakukan pelanggaran. Ada yang karena tidak masuk sampai berlarut-larut, ada yang karena cerai tapi tak izin dengan pimpinan. Sebenarnya saya tidak tega tetapi aturan harus berjalan", ungkapnya.

Kepada ASN yang baru saja mutasi dan promosi jabatan, Haryanto berpesan agar yang bersangkutan segera melaksanakan tugas di tempat yang baru. "Harus segera menyesuaikan diri dan cepat belajar karena kemarin saya lantik di akhir tahun, harapannya agar di awal tahun 2019 ini bisa segera bekerja dengan berpedoman pada visi dan misi Bupati", lanjutnya.

Mantan Plt Sekda ini pun  mengharapkan agar semua bersatu padu demi kebaikan Pati. "Kita patut bersyukur Pati adem ayem karena pimpinan dari partai politik dengan birokrasi pasti berbeda, jadi kita sudah sangat toleransi saling menghormati menghargai dan kita junjung asas mikul duwur mendem jero", terang Haryanto.

Terakhir Bupati mengucapkan selamat tahun baru. "Dan di tahun 2019 ini harus lebih baik dari tahun sebelumnya dan semoga semakin sukses dan mendapatkan berkah dari Allah SWT", pungkasnya. (Red)

Previous
Next Post
© 2008 KabarInvestigasi I Portal Of Investigation. Designed by : Kang Aris
Powered by KabarInvestigasi.