Senin, 21 Januari 2019

Kapolres Langsa Hibahkan Sepasang Blac Cat, Ke Taman Hutan Kota

    1/21/2019   No comments

AKBP Andy Hermawan SIK MSc. Di dampingi Wakil Walikota Langsa Marzuki Hamid. Sedang menghibahkan Blac Cat (kucing hutan) ke taman hutan kota.
MOKI, Langsa - Kapolres Langsa, AKBP Andy Hermawan SIK MSc. menghibahkan sepasang kucing hutan /kucing blac (Felis bengalensis/ prionailurus bengalensis) ke BKSDA yang akan ditempatkan di Taman Hutan kota Langsa. Minggu (20/1/2019).

Andy Hermawan menjelaskan kedua hewan langka tersebut ia memperoleh dari masyarakat. Menurutnya, kucing hutan ini termasuk salah satu hewan yang dilindungi dan tidak boleh dipelihara oleh masyarakat terkecuali memiliki izin.

Klasifikasi kucing hutan atau kucing blac sebagai hewan yang dilindungi di Indonesia tercantum dalam lampiran Peraturan Pemerintah Nomor 7 Tahun 1999 tentang Pelestarian Jenis Tumbuhan dan Hewan.

Sebelumnya kucing hutan ini saya ambil dari masyarakat dengan cara membeli dan saya berinisiatif untuk menyelamatkan karena ini satwa yang dilindungi jadi masyarakat tidak boleh memiliharanya,” kata Andy Hermawan.

Kapolres Langsa menyadari hewan langka yang terancam punah perlu diselamatkan. Oleh karenanya Ia menghimbau kepada masyarakat jika masih memiliki satwa yang dilindungi segera diserahkannya kepada Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA).

Dia menambahkan dengan menyelamatkan hewan-hewan langka berarti telah mengedukasi masyarakat akan kesadaran melindungi flora dan fauna untuk pengetahuan anak cucu dimasa akan datang.

“Jika tidak diselamatkan anak cucu kita pun tidak akan kenal lagi dengan hewan-hewan seperti ini,” sebutnya.

Wakil Walikota Langsa Marzuki Hamid merasa bangga dengan langkah-langkah yang diambil kapolres Langsa dalam mengedukasi masyarakat melindungi spesies hewan yang hampir punah dan langka hanya ada di hutan.

Marzuki Hamid mengapresiasi hibah satwa langka ini dan ia berharap bisa dinikmati oleh para pengunjung di RTH taman hutan kota. “Semakin banyak jenis binatang akan menjadi daya tarik para pengunjung, tentu mereka akan menikmati keindahan dari berbagai spesies hewan yang ada di hutan kota,” jelasnya.

Sementara direksi PT Perkola, M. Zulfri menjelaskan pihaknya selaku pengelola taman hutan kota akan terus menerima setiap hibah hewan langka dari masyarakat.

Disisi lain kata Zulfri hutan kota telah bekerja sama dengan Balai Konservatif sumber Daya Alam (BKSDA) guna untuk dapat menampung setiap satwa langka dipelihara dan dikembangkan di hutan kota." Imbuhnya.(Rusdi Hanafiah).

Iklan-Devis
Previous
Next Post
Tidak ada komentar:
Write komentar

© 2008 KabarInvestigasi I Portal Of Investigation. Designed by : Kang Aris
Powered by KabarInvestigasi.