Kamis, 17 Januari 2019

Ratusan Konteiner Kayu Ilegal Diamankan Tim Penindakan "GAKKUM KLHK" di Surabaya dan Makasar

    1/17/2019   No comments

MOKI, SURABAYA-Terjadi penangkapan kayu palet ILEGAL di Surabaya yang dilakukan oleh Kementrian Lingkungan Hidup (Ditjen GAKKUM KLHK) dengan barang bukti sebanyak 199 conteiner kayu ilegal di taksasikan senilai Rp. 104,63 miliar. Kamis, 17/1/2019.

Dalam sebulan ini KLHK telah mengamankan 384 kontainer kayu illeg dari Papua melalui empat kali operask pengamanan  disurabaya dan makasar.

Dengan penindakan secara tegas selam empat kali penangkapan membuktikan bahwa pemerintah komitmen dan serius dalam menindak tegas pelaku kejahatan sumber daya alam.

Dikutip berita dari media online erapublik.com bersumber dari sindonews.com Operasi pertama pada 8 desember 2018, Gakkum KLHK berhasil mengamankan 40 kontainer di Surabaya.

Selanjutnya operasi kedua 4 januari 2019 berhasil mengamankan barang bukti konteiner yang berisi kayu illegal 88 konteiner berlokasi disura baya.

Pada waktu yang tak berselang lama  tepatnya 5 januari 2019, Gakkum KLHK bersama dengan Komando Armada II ( Detasmen Intelijen) dan Bareskrim Mabes Polri berhasil mengamankan 199 konteiner kayu illegal yang diangkut KM Teluk Lamong, Surabaya.

Pada saapeniers rilis Rasio Ridho Sani sebagai Dirjen Gakkum KLHKRI menegaskan, ini bentuk upaya penegakan hukum dan komitmen pemerintah dalam menyelamatkan sumber daya alam indonesia (SDA). Kita harus menindak secara tegas pelaku kejahatan kayu illegal dan tidak boleh untuk bernegosiasi karna dianggap ini sudah perbuatan melawan hukun dan merugikan negara.

Apa bila terjadi pembiaran terhadap pembalakan liar dan peredaran kayu illegal ini dapat menyebabkan kehancuran ekosistem, mengancam kehidupan masyarakat.

Dirjen Gakkum KLHK menambahkan saat ini KLHK sudah menindak tegas 575 kasus pidana sampai P21 (disidangkan), menggugat secara perdata 18 korporasi dengan putusan ganti rugi yang mana gugatan sudah dikabulkan MA dengan nilai putusan lebih dari Rp.18,33 triliun.
Dan telan menjatuhkan sanksi kepada 564 korporasi bahkan ada yang dicabut izinnya.
Tegas Rasio Sani , Dirjen Gakkum KLHK.

KLHK dan aparat penegak hukum lain terus berkolaborasi dan bekerja sama untuk penegakan hukum lingkungan hidup semakin efektif.

Direktu Pencegahan dan Pengamanan Hutan sekaligus Ketua Satgas Penyelamatan SDA KLHK  Susatyo Iriyono yang langsung memimpin operasi penangkapan dan penindakan kayu ilegal ini menjelaskan bahwa yang berhasik diamankan ini adalah kayu merbau, di perkirakan berjumlah kurang lebih 5.812,77 meter kubik dengan nilai minimal sekitar Rp 104,63 miliar.

Susatyo Iriyono menegaskan KLHK terus memanrau dan mengamati pergerakan kayi illegal, ini langkah untuk memberi aba - aba kepada pembalak kayu ilegal agar segera menghenrikan aktifitas ilegal logingnya.

Penindakan kayu illegall ini bermula dari laporan dan kecurigaan masyarakat dengan adanya pengangkutan kayu illegal dari Papua pada akhir tahun. Terlihat pelaku seperti beranggapan bahwa aparat penegak hukum sedang lengah karna libur ahir tahun, informasi yang kita dapat kita tindak lanjuti dengan menganalisa dan mengkaji data dan menjalankan operasi intelijen untuk mencari kebenaran informasi tersebut.

Untuk penindakan kasus ini agar ada efek jera bagi pelaku kami akan menggunakan pasaL berlapis dan metode multidoo untuk menjerat pelaku jelas Dirjen Gakkum penegakan KLHK, termasuk dengan pasal pencucian uang, pungkas Dirjen Gakkum penegakan KLHK Yazin Nurhuda sembari mengakhiri. (Hadi P)

Iklan-Devis
Previous
Next Post
Tidak ada komentar:
Write komentar

© 2008 MOKI I Media Online Kabar Investigasi. Designed by : Kang Aris
Powered by KabarInvestigasi.