Jumat, 08 Februari 2019

Desa Hlizoliga Baru Terbentuk "Bumdes Pono" Beromset 30 Jt/Bulan

    2/08/2019   No comments

MOKI, Nias Selatan-Gaung sukses tentang kiprah Badan Usaha Milik Desa (BUM Desa) menjadi percontohan bagi Kabupaten Nias Selatan. Bumdes diharapkan bukan hanya menggenapi instruksi pemerintah, melainkan menjadi salah satu pintu dalam mewujudkan percepatan kesejahteraan masyarakat desa, Saat ditemui salah seorang Pejabat Kepala Desa Hilizoliga, Potensi Restu Abadi Halawa yang merupakan putra asli daerah itu di Kecamatan Huruna Kabupaten Nias Selatan Propinsi Sumatera Utara, Kamis (07/02)

Pejabat Kepala Desa Hilizoliga, Potensi Restu Abadi Halawa menjelaskan kepada sejumlah wartawan bahwa pembentukan Badan Usaha Milik Desa (Bumdesa) Pono Desa Hilizoliga Kecamatan Huruna Kabupaten Nias Selatan yang bergerak di Bidang usaha Meubel,  dengan penyertaan modal Rp.60.000.000.- dari Dana Desa dan ADD Tahun Anggaran 2018 untuk pembelian berbagai peralatan yang dibutuhkan dalam usaha itu,

Dan dijelaskannya bahwa tujuan untuk pembentukan Bumdes ini antara lain untuk membuka lapangan kerja bagi warganya serta meningkatkan perekonomian desa, meningkatkan pendapatan asli desa, meningkatkan pengelolaan potensi desa sesuai dengan kebutuhan masyarakat, serta menjadi tulang punggung pertumbuhan dan pemerataan ekonomi desa, paparnya.

Dia menuturkan bahwa  dengan adanya Bumdes tersebut yang mulai beroperasi sejak tanggal 07 Januari 2019 dan hingga saat ini perolehan omset Bumdes tersebut mencapai Rp. 30.000.000.- dan diperkirakan dalam 1 tahun beroperasi dapat mencapai sekitar Rp. 200.000.000. pada Tahun Anggaran 2019 ini, pihaknya kembali menganggarkan penambahan modal usaha Bumdesa ini Rp. 50.000.000.-

Dalam keterangannya bahwa ia juga membantu warga yang mau mendirikan rumahnya dengan menyediakan tenaga kerja dari warganya, dimana bahan dan upah yang dipungut sesuai dengan standar yang ditentukan pemerintah. Karena Bumdes Pono lagi melaksanakan pembangunan 2 unit rumah dan akan bertambah lagi, moga Bumdes Pono di desanya dapat lancar dan sukses demi kesejahteraan warganya, ungkapnya.

Potensi Restu Abadi Halawa berharap kepada Pemerintah Kabupaten Nias Selatan dalam hal ini Kepada Bapak Bupati Nias Selatan Dr. Hilarius Duha, SH., MH agar dapat memberikan perhatiannya kepada Bumdes ini, berupa pemberian alat transportasi, untuk angkutan bahan baku dan penglasiran bahan jadi kepada para konsumen/pelanggan, tandasnya. (doeha)

Iklan-Devis
Previous
Next Post
Tidak ada komentar:
Write komentar

© 2008 KabarInvestigasi I Portal Of Investigation. Designed by : Kang Aris
Powered by KabarInvestigasi.