Rabu, 27 Februari 2019

Penanaman Jagung Perdana Poktan "Sehati" Dihadiri Kadis Pertanian

    2/27/2019   No comments

MOKI, Nias Selatan-Pemerintah Kabupaten Nias Selatan melalui Dinas Pertanian menggelar Penanaman perdana Jagung Kelompok Tani "SEHATI" Desa Hilinamozihono Kecamatan O'ou Kabupaten Nias Selatan  , Rabu (27/02/2019)

Dihadiri : Kepala Dinas Pertanian Ir. Norododo Sarumaha,  MM, Kepala Bidang Tanaman Pangan,  Hortikultura dan Perkebunan Jupiter Telaumbanua,SP, MM., Penyuluh Pertanian Kecamatan O'ou Agusman Gulo, Babinsa Koramil 10 Lolowau Koptu Darusalam Bu'ulolo, Ketua Kelompok Tani "SEHATI" Elizama Halawa dan Anggota.

Kepala Dinas Pertanian Ir. Norododo Sarumaha,  MM mengatakan bahwa, untuk kelompok Tani ini, Pemerintah Kabupaten Nias Selatan telah memberikan fasilitas kepada Kelompok Tani Sehati, berupa Mesin Traktor roda 4, mesin perontok jagung dan mesin pengering jagung. Bibit/benih jagung yang digunakan, jenis Varietas Pioneer 35, ungkap Kadis Pertanian.

Bantuan bibit/benih merupakan jenis varietas pioner 35 yang dianggarkan dari APBN, Dan untuk kebutuhan pupuk dianggarkan dari APBD Nias Selatan.

Diharapkan melalui bantuan kegiatan ini dapat memberikan kontribusi nyata terhadap peningkatan produktifitas para kelompok tani sehingga peningkatan hasil capaian dapat bermanfaat bagi masyarakat banyak.

Ketua Kelompok Tani "Sehati" Elizama Halawa menyampaikan terima kasih Kepada Pemerintah Kabupaten Nias Selatan dalam hal ini Dinas Pertanian atas program penanaman jagung ini, sehingga dapat membantu masyarakat petani.

Lahan yang dikelola kelompok Tani ini ditargetkan seluas 8 (delapan) hektar, dan untuk lahan yang sedang ditanami saat ini masih 4 hektar dan sisanya akan dilakukan pembersihan lahan, dengan penanaman secara bertahap setelah ini, urai Elizaman Halawa.

Ditempat terpisah Kadis Pertanian Ir. Norododo Sarumaha,  MM saat dikonfirmasi tentang kegiatan ini mengungkapkan bahwa untuk menyukseskan program ini, kendala masih minimnya tenaga Penyuluh Pertanian yang ada di Kabupaten Nias Selatan.

Sampai saat ini tenaga Penyuluh Pertanian yang ada sekitar 35 orang dengan 35 Kecamatan. Dalam penjelasannya bahwa, sesuai Undang - Undang Nomor : 6 Tahun 2016 tentang Penyuluhan bahwa, setiap Desa 1 orang tenaga Penyuluh,  ungkap Kadis Pertanian.

Untuk diketahui bahwa, Tahun 2019 ini Kabupaten Nias Selatan memperoleh benih jagung Melalui APBN untuk 4.700 hektar (70,5 ton) bibit . Dan yang sudah didistribusikan kepada kelompok Tani 2.700 hektar, tandas Kadis Pertanian. (doeha)

Iklan-Devis
Previous
Next Post
Tidak ada komentar:
Write komentar

© 2008 KabarInvestigasi I Portal Of Investigation. Designed by : Kang Aris
Powered by KabarInvestigasi.