Kamis, 28 Maret 2019

Berbagi Pengalaman Hidup, Safin Ajak Peserta Raimuna Jadi Pengusaha

    3/28/2019   No comments

MOKI, PATI-Bertempat di Aula Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Pati, Wakil Bupati Pati Saiful Arifin didaulat menjadi pembicara dalam acara Raimuna yang diikuti enam kabupaten eks Karesidenan Pati pada Kamis (28/3).

Wakil Bupati berkesempatan membagi pengalaman hidupnya, dimana apa yang ia raih sekarang tidaklah mudah. Wabup mengatakan, untuk meraih sukses harus dibayar dengan perjuangan yang tidak mudah.

Ia mengisahkan sewaktu muda, sambil sekolah tak malu berjualan bensin eceran dan malam hari menjadi tukang tambal ban di bengkel milik pamannya. Usahanya dimulai dari menjadi penjual ritail kecil sampai akhirnya dipercaya menjadi distributor salah satu operator seluler.

"Kalau adik- adik mau jadi kaya jadilah pengusaha atau wirausaha. Adik -adik harus punya semangat pembaharuan dan selalu mengikuti perkembangan," himbaunya dihadapan peserta yang merupakan anggota Pramuka Penegak dan Pramuka Pandega.

Wabup yang dikenal dengan Safin itu, juga berbagi tips bagaimana menekuni usaha bidang pertanian. Ia mengungkapkan, bila menjadi peternak atau petani haruslah menjadi petani atau peternak yang sukses. Caranya adalah memanfaatkan teknologi juga membentuk kelompok- kelompok petani atau peternak.

"Disini yang kita dapatkan adalah bukan ekonomi monopoli akan tetapi ekonomi kolaborasi. Salah satu contoh di Pati produksi ayam mencapai 30 juta ekor. Disitu ada perputaran uang yang kita dapatkan mulai  peternaknya, pakannya, pupuk, dan lain sebagainya," terang Safin.

Kepada peserta Raimuna, Safin berpesan agar mereka memanfaatkan hal- hal yang baik, dalam kegiatan sehari-hari. Karena mempunyai peranan penting dalam meraih kesuksesan. Ia menegaskan kemajuan teknologi saat ini hadir untuk membantu setiap manusia, sudah seharusnya teknologi digunakan untuk produktivitas.

"Dengan teknologi kita dapat melakukan banyak hal dalam mempermudah berbagai proses untuk meraih kesuksesan. Belajarlah yang tekun agar kelak di kemudian hari bisa bermanfaat untuk dapat meraih cita cita," tandasnya. (Red)

Iklan-Devis
Previous
Next Post
Tidak ada komentar:
Write komentar

© 2008 MOKI I Media Online Kabar Investigasi. Designed by : Kang Aris
Powered by KabarInvestigasi.