Rabu, 20 Maret 2019

Musrenbang RKPD Nisel Tahun 2020 Terlaksana Dengan Sukses

    3/20/2019   No comments

MOKI, Nias Selatan-Musyawarah Perencanaan Pembangunan Daerah (Musrenbang) sebagai rangkaian dalam penyusunan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Tahun 2020 dibuka secara resmi Wakil Bupati Nias Selatan (Nisel), Sozanolo Ndruru. Terlaksana dengan sukses di Aula Kantor Bappeda, Jalan Saonigeho Km. 3,5 Teluk Dalam, Kabupaten Nisel, Sumatera Utara, Selasa (19/03/2019).

Adapun narasumber pada Musrenbang Kabupaten Nisel terdiri dari Staf Unit Advokasi Daerah TNP2K RI, Edi Syafrijal, Kepala BPS Kabupaten Nisel Jekson Butarbutar,S.Si.,MM., Kepala Bappeda Kabupaten Nisel Ir. Ikhtiar Duha,MM., dan Kepala BPKPAD Kabupaten Nisel yang diwakili Sekdin Tahonogo Bohalima.

Turut hadir saat itu juga, Ketua DPRD Sidi Adil Harita, Kapolres AKBP I Gede Nakti Widhiarta,SIK., mewakili Dandim 0213/Nias, Mayor Inf. Hatianus Zega selaku Danramil 12/Teluk Dalam, mewakili Kajari Nias Selatan, Dona Martinus SH., selaku Kasi Datun dan mewakili Danlanal Nias, Kepala Bappeda Provsu yang diwakili Kepala Bidang Perencanaan Sarana Prasarana dan Kewilayahan, Ir. Anda Subrata,M.Si., Plt. Sekda Ir. Ikhtiar Duha,MM., Staf Ahli Bupati, Asisten, Kepala OPD dan para Camat, serta Kepala unit kerja vertikal, LSM, Pers, tamu dan undangan lainnya

Bupati Nisel Hilarius Duha diwakili Wabup dalam sambutan pembukaan Musrenbang merupakan sebagai ruang bagi pemangku kepentingan untuk saling memberikan informasi dalam menyempurnakan Rancangan RKPD Tahun 2020 demi mewujudkan visi dan misi Pemerintah Kabupaten Nisel 2016-2021. Visi dan misi  itu yakni “Mewujudkan Masyarakat yang Maju, Sehat, dan Cerdas, dengan Kepemimpinan yang Melayani, Jujur dan Sederhana.

“Melalui moment ini saya mengajak semua pemangku kepentingan agar memberikan saran, pendapat, dan masukan agar sesuai dengan azas rumusan RKPD yang transparan, responsive dan berkeadilan,” harap Ndruru.

Ia menjelaskan, isu-isu strategis rancangan RKPD Kabupaten Nisel terdiri dari pembangunan manusia, pembangunan ekonomi dan pembangunan infrastruktur.  “Isu-isu tersebut akan disinkronkan dengan agenda pembangunan sesuai RPJMD tentang pengembangan perekonomian masyarakat melalui peningkatan produksi dan produktivitas pertanian, perikanan dan kelautan,” beber Ndruru.

Kepala Bappeda Kabupaten Nisel, Ir Ikhtiar Duha MM, menjelaskan tujuan pelaksanaan Musrenbang RKPD adalah untuk mengklarifikasi usulan program dan kegiatan. Melalui Musrenbang Kecamatan dan pokok-pokok pikiran DPRD serta mempertajam indikator kinerja program dan kegiatan prioritas Daerah Kabupaten serta menyepakati prioritas program pembangunan daerah.

Dimana tahapan penyusunan RKPD Tahun 2020 meliputi konsultasi publik rancangan awal RKPD, Musrenbang Desa dan Kecamatan, serta Rapat Koordinasi antara Bappeda dengan seluruh OPD yang telah dilaksanakan sebelumnya. Kemudian pelaksanaan Desk Musrenbang RKPD Kabupaten pada tanggal 18 Maret 2019 dan pada hari ini adalah Musrenbang RKPD Kabupaten.

Fa’atulo Sarumaha S.IP MM mewakili Tokoh Masyarakat Nisel dalam sambutannya mengharapkan agar dalam setiap perencanaan pembangunan dilaksanakan secara baik dan mantap yang dapat menyentuh kepentingan umum untuk meningkatkan perekonomian masyarakat. Mantan Asisten Pemerintahan Nisel di era Pemerintah sebelumnya menyebutkan, contoh kebutuhan kepentingan umum itu seperti pembangunan pelabuhan, bandara dan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) dengan sarana prasarana yang memadai.

Menyikapi pelaksanaan Musrenbang Tahun 2019, Ketua DPRD Nisel, Sidi Adil Harita, memberi apresiasi kepada Pemerintah Daerah. Dia berharap agar pelaksanaan pembangunan dilakukan secara berkeadilan dan merata di seluruh wilayah Nisel.

Ketua DPRD juga mengharapkan agar setiap perencanaan pembangunan supaya dilengkapi dengan dokumen hibah tanah dari para pemilik lahan sehingga tidak menjadi kendala dalam pelaksanaan pembangunan.

Sambutan Gubernur Sumatera Utara diwakili oleh Kepala Dinas Kependudukan Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Provsu dr. Ria Nofrida Telaumbanua, juga memberikan apresiasi kepada Pemkab Nisel atas penyusunan RKPD Tahun 2020 yang merupakan bagian dari rangkaian proses perencanaan pembangunan yang dilaksanakan di daerah sesuai dengan Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2004 tentang Sistem Perencanaan Pembangunan Nasional.

Dalam sambutanya Gubernur Sumatera Utara menyampaikan, keselarasan rancangan RKPD Kabupaten dengan tema Rencana Kerja Pemerintah (RKP) Tahun 2020, yaitu “Peningkatan Sumber Daya Manusia untuk Pertumbuhan Berkualitas”, dan visi Pemprovsu Tahun 2018-2023  yakni Sumut yang Maju, Aman, dan Bermartabat”.

Pemprovsu juga mempunyai lima misi yakni Mewujudkan Masyarakat Sumut yang Bermartabat dalam Kehidupan, Politik, Pendidikan, Pergaulan dan lingkungan dengan sasaran utama “Membangun Desa Menata Kota”.(doeha)

Iklan-Devis
Previous
Next Post
Tidak ada komentar:
Write komentar

© 2008 MOKI I Media Online Kabar Investigasi. Designed by : Kang Aris
Powered by KabarInvestigasi.