Senin, 01 April 2019

Acara Khanduri La’ot Festival 2019 ;Festival Kuah Belangong Dihadiri Ribuan Masyarakat Sabang

    4/01/2019   No comments

MOKI, Sabang-Festival Masakan Tradisi Khas Aceh Kuah Belangong dalam rangka Festival Khanduri La’ot 2019 secara resmi dibuka oleh Direktur Jenderal (Dirjen) Kekayaan Intelektual Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkum- HAM) RI, Dr Freddy Harris, SH, LLM, S.C.C.S. Pembukaan dihadiri oleh Wali Kota Sabang Nazaruddin, S.I.Kom, Wakil Wali Kota Drs H Suradji Junus, Sekretaris Daerah Drs Zakaria,MM dan Forkompimda Kota Sabang serta seluruh SKPK dan Instansi Vertikal, Minggu (31/03-19) pagi.

Lebih dari Lima ribuan warga masyarakat Kota Sabang menyerbu pada acara Khanduri La’ot Festival 2019 di ajang Festival Kuah Belangong. Festival Kuah Belangong dilaksanakan di sepanjang Jalan Diponegoro depan Kantor Walikota Sabang, acara tersebut diikuti oleh 75 peserta yang terdiri dari Dinas Otonomi, Vertikal, BUMN, BUMD serta PWI.

Pada acara tersebut, Wali Kota Sabang Nazaruddin, S.I.Kom kepada sejumlah media baik cetak, online dan televisi mengatakan, munculnya ide Tradisi Kuah Beulangong setelah dia melihat bahwa budaya makanan Ciri Khas Aceh Kuah Belangong merupakan panganan yang sangat dikenal oleh masyarakat Aceh tersebut dapat dipadukan untuk diperlombakan di Pergelaran Tradisi Pesisir Khanduri Laot, ujarnya.

Festival ini dilaksanakan untuk yang kedua kalinya, dan pada pagelaran awal juga dilaksanakan saat pelaksanaan Tradisi Pesisir Khanduri Laot. Kegiatan ini telah kita catat dan didaftarkan sebagai salah satu Even Tradisi Budaya yang akan dipatenkan oleh Pemerintah Kota Sabang.

Dikatakan juga, sejak Lhouncingnya Khanduri Laot Festival tahun lalu, kegiatan ini menjadi satu even yang sangat sukses dan sangat ramai dikunjungi oleh masyarakat, baik itu masyarakat Lokal, Regional dan Nasional, bahkan menjadi lirikan Internasional, kata Nazaruddin.

Perbedaan antara yang awa dan yang sekarang ini adalah tempat pelaksanaannya, kalua diawal dilaksanakan di pelabuhan CT 3 milik BPKS, namun sekarang kegiatan Festival Kuah Belangong ini dilaksanakan disepanjang jalan Diponegoro di depan Kantor Walikota Sabang.

Festival ini juga merupakan salah satu kegiatan budaya baru untuk mendukung Program Pariwisata, sebab salah satu program unggulan dari Pemerintah Kota Sabang adalah pada bidang Parawisata.

Lebih lanjut dikatakan, Saya mengucapan terimakasih kepada semua pihak yang terlibat dalam mensukseskan, perlombaan tradisi budaya Kuah Beulangong Festival. Dengan adanya kegiatan Festival ini diharapkan dapat menjadi ajang tahunan yang rutin bagi Pemerintah Kota Sabang kedepannya, pungkas Walikota Sabang Nazaruddin.(TIOPAN. AP)

Iklan-Devis
Previous
Next Post
Tidak ada komentar:
Write komentar

© 2008 MOKI I Media Online Kabar Investigasi. Designed by : Kang Aris
Powered by KabarInvestigasi.