Minggu, 28 April 2019

PAUD Se-Kabupaten Bakal Digelontor BOP Rp 21 Miliar

    4/28/2019   No comments

MOKI, PATI-PAUD se-Kabupaten Pati bakal mendapatkan alokasi anggaran senilai total Rp 21 miliar.

Sebab berdasarkan Peraturan Pemerintah Nomor 2 Tahun 2019 tentang Standar Pelayanan Minimal bagi Layanan Pendidikan Anak Usia Dini, PAUD menjadi salah satu layanan pendidikan yang wajib diselenggarakan Pemerintah Daerah.

Bantuan Operasional Penyelenggaraan (BOP) PAUD itu nantinya akan disalurkan Pemerintah Pusat lewat Dana Alokasi Khusus (DAK) nonfisik melalui pemerintah daerah.

"Meski dananya belum maksimal, tetapi setidaknya pemerintah sudah memperhatikan", terang Bupati Pati Haryanto di acara Gebyar PAUD tingkat Kabupaten Pati di Halaman Stadion Joyokusumo, kemarin.

Haryanto juga menerangkan bahwa sekarang PAUD sudah menjadi pendidikan formal. "Tidak seperti dulu yang hanya pendidikan non formal. Sedangkan untuk alokasi anggaran untuk PAUD yang semula hanya dialokasikan dari APBD saja, saat ini pemerintah pusat sudah berikan alokasi anggaran lewat DAK. Kalau tidak salah tahun ini ada anggaran sebanyak 21 milyar", imbuhnya.

Bupati berharap Gebyar PAUD tingkat Kabupaten tersebut dapat menjadi ajang tenaga pendidik untuk saling ngangsu kawruh dalam banyak hal.

"Sebab di acara ini, para siswa dan guru dituntut untuk memberikan penampilan yang maksimal pada setiap perlombaan yang ada", ujar Bupati.

Ia pun menambahkan, kegiatan ini juga bertujuan untuk ajang silaturahmi bagi peserta didik dan guru. "Tidak hanya itu, para pendidik pada acara ini juga bisa mengadopsi pola pendidikan instansi lain yang lebih kreatif dan aktif", ujar Bupati.

Di samping itu, imbuh Haryanto, acara ini juga bertujuan untuk memberikan kesempatan kepada anak usia dini untuk berkreasi agar sejak dini mereka sudah terlatih dan memiliki bekal. "Sehingga ke depan mereka diharapkan bisa nenjadi generasi yang membanggakan karena anak usia dini ini adalah harapan bangsa",terang Bupati.

Menurut Haryanto, untuk mendidik generasi muda harus dimulai sejak usia dini. "Justru di luar negeri membangun karakter sebuah bangsa diawali dari anak usia dini", ujarnya.

Kepala Disdik Pati Winarto mengatakan Kegiatan Gebyar PAUD 2019 diikuti 504 peserta dari 21 kecamatan se-Kabupaten Pati. (Red)

Iklan-Devis
Previous
Next Post
Tidak ada komentar:
Write komentar

© 2008 MOKI I Media Online Kabar Investigasi. Designed by : Kang Aris
Powered by KabarInvestigasi.