Rabu, 03 April 2019

Pesta Tradisi Budaya Khanduri Laot Festival 2019 Ditutup Wakil Walikota Sabang Suradji Junus

    4/03/2019   No comments

MOKI, Sabang–Wakil Wali Kota Sabang Drs H Suradji Junus secara resmi menutup pesta tradisi Khanduri Laot Festival 2019, di dermaga Container Terminal - 3 (CT-3) milik Badan Pengusahaan Kawasan Sabang (BPKS) Senin (01/04/19) . Pesta tradisi masyarakat pesisir tersebut, telah diagendakan Pemerintah Kota (Pemko) sebagai even agenda tahunan yang di gelar di Sabang.

Ketua pelaksana kegiatan Khanduri Laot Faisal 2019 Faisal, S.Sos dalam laporan penutupan menyampaikan kegiatan even Khanduri Laot Festival 2019, telah terlaksana dan berjalan sukses. Bahkan, berhasil menciptakan atrakai-atraksi baru yang disampaikan melalui budaya masyarakat pesisir.

Dalam pelaksanaan tradisi budaya Khanduri Laot, terjadi berbagai atraksi kebudayaan yang dilakukan masyarakat nelayan salah satunya diperlombakan Kuah Beulangong.

Tradisi lain juga telah ditampilkan pada even Khanduri Laot Festival 2019, seperti tradisi Zikir (Dike Aceh) dari Tapak Tuan, Kabupaten Aceh Selatan, kemudian tradisi Rapa'i 44 Kota Sabang dan Tarian Gendang provinsi Riau, termasuk kesenian asal Sumatera Utara, lapor Faisal, yang juga Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Sabang.

Ia berharap tradisi budaya masyarakat pesisir Khanduri Laot kiranya, dapat manjadi budaya baru yang dapat menarik pengunjung wisatawan ke Sabang. Pihak Pemko Sabang menjadikan tradisi budaya Khanduri Laot Festival sebagai even agenda tahunan.

Dengan disertai perlombaan Kuah Beulangong maka kini tradisi budaya Khanduri Laot menjadi hak paten milik Pemko Sabang. Dalam perlombaan berbagai perlombaan yang digelar, sesungguhnya bukan sebagai ajang untuk meraih sebuah kemenangan tetapi lebih pada partisipasi dalam mengsukseskan pesta budaya Aceh., imbuhnya.

Sementara Wakil Walikota Sabang Drs H Suradji Junus, pada malam penutupan pesta tradisi budaya Khanduri Laot Festival 2019 mengatakan, pelaksanaan pesta rakyat pesisir ini, bukan sebagai ajang perlombaan yang diperlombakan akan tetapi telah membawa manfaat bagi masyarakat Aceh Sabang khususnya.

Even Khanduri Laot tidak hanya menjadi sebagai seremonial semata tetapi akan manjadi motivasi dalam mengembangkan budaya di muka bumi, sehingga tentunya dapat meraih keuntungan melalui destinasi wisata yang ada di Sabang.

Melalui tradisi budaya Khanduri Laot Festival diharapkan Sabang semakin baik dan berkembang, terutama dalam kunjungan wisata. Kedepan kedepan kiranya, seluruh Pemerintah Daerah Kabipaten/Kota yang di Aceh khusunya dàn provinsi luar Aceh, bahkan luar negeri dapat ikut hadir dalam ajang Khanduri Laot Festival yang dilaksanakan Pemko Sabang., harap Wakil Wali Kota.

Pada malam penutupan tradisi budaya Khanduri Laot Festival 2019, juga ditampilkan kesenian, serta ada pameran

pembangunan yang diikuti beberapa Kabupaten di Aceh, seluruh Gampong (Desa) yang ada di Sabang, perlombaan Boat Hias, Perahu Naga dan lomba Kuah Beulangong.

Untuk kategori pameran Pembangunan juara pertama diraih Gampong Aneuk Laot, juara II Gampong Kuta Timu, Gampong Anoi Itam, harapan I diraih Disperindag dan UKM, harapan II Gampong Iboih, harapan III Kabupaten Simeulue, Favorit juri diraih Dekranas Kota Sabang, Favorit Gampong diraih Gampong Jaboi dan Atraksi Kiliner Khas Aceh diraih Gampong Ujong Kareung. Kategori Boat Hias juara I diraih Fauzan, juara II Adi Saputra dan juara III Taufik Kurraahman. Untuk kategori Boat Hias 5-7 Gross Tone juara I Agus Juragan, juara II Saputra dan juara III Tarmizi. Kelas Perahu Naga juara I Aneuk Laot, juara II Saka Bahari dan juara III Kota Atas.

Sedangkan perlombaan bergengsi yakni lomba Kuah Beulangong kategori Open Aceh juara I jatuh kepada Rumah Makan Lem Bakri, juara II Rumah Makan Cut Bang dan juara III Rumah Makan Bak Trieng Aceh. Untuk katagori Kuah Beulangong lokal juara I Disperindag dan UKM Kota Sabang, juara II Gampong Balohan dan juara III Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Sabang.

Amatan awak media belasan ribu masyarakat memenuhi lapangan dermaga CT'-3 menyaksikan malam penutupan pesta trasiai budaya Khanduri Laot Festival 2019, yang juga menampilkan penyanyi Aceh yang lagi naik daun Rial Doni. (TIOPAN. AP)

Iklan-Devis
Previous
Next Post
Tidak ada komentar:
Write komentar

© 2008 MOKI I Media Online Kabar Investigasi. Designed by : Kang Aris
Powered by KabarInvestigasi.