Minggu, 14 April 2019

Umat PHKY Rayakan Minggu Palma Dengan Antusias dan Hikmat

    4/14/2019   No comments

MOKI, Nias Selatan-Minggu Palma dirayakan umat Katolik di Paroki Hati Kudus Yesus (PHKY) Bintang Laut Telukdalam Kecamatan Telukdakam Kabupaten Nias Selatan Propinsi Sumatera Utara, Minggu (14/04/2019).

Perayaan Minggu Palma, Sekitar seribu lima ratus umat Katolik memadati halaman SMP/SD Bintang Laut Teluk dalam dengan membawa dan melambai-lambaikan daun-daun palma. Sebelum perayaan dimulai Katekis Fideman Lahagu membuka dengan komentar tentang mengawali perayaan minggu Palma yang menandai rangkaian perayaan-perayaan selama Pekan Suci , pembawa lagu Ama Lia Manao.

Perayaan dimulai pukul 08.00 WIB dan diawali dengan upacara pemberkatan daun palma oleh Pastor Gregorius Fau, OFMCap didampingi Diakon Damian Hulu, OFMCap, Br. Yeremias Hulu, OFMCap, petugas liturgi dan mesdinar di halaman SMP/SD Bintang Laut Telukdalam dan dilanjutkan dengan perarakan menuju gereja.

Perayaan Minggu Palma ini juga ditandai dengan pembacaan kisah sengsara Yesus Kristus yang diambil dari Injil. Umat diajak untuk merenungkan kisah sengsara Tuhan Yesus.

Pastor Gregorius Fau, OFMCap sebagai selebran utama perayaan Minggu Palma tersebut dalam khotbahnya mengajak umat Katolik untuk merayakan suka cita dan kegembiraan seperti yang dirasakan umat Yerusalem ketika menyambut Tuhan Yesus sebagai Raja masuk ke kota Yerusalem.

Untuk itu Pastor Gregorius Fau, mengajak semua umat agar dapat menyerahkan diri untuk dipimpin oleh Yesus sang Raja Abadi dan rendah hati.

Minggu Palma (Palm Sunday) dalam tradisi umat Kristiani merupakan hari pertama Pekan Suci dan Minggu sebelum Paskah. Minggu Palma merupakan peringatan masuknya Yesus ke Yerusalem yang disambut dengan arak-arakan.

Di sejumlah gereja, arak-arakan dilakukan dengan melambaikan daun palma, daun kelapa, atau daun dari tumbuhan lokal setempat.

Liturgi Minggu Palma dimulai dengan berkat dan penumpangan tangan pada daun palem. Setelah itu, masuk dalam sesi pembacaan surat dalam Alkitab dan khotbah singkat yang diberikan oleh Imam. Percikan air suci untuk umat.

Daun palem yang tela diberikati  Pastor Gregorius Fau, OFMCap seusai misa biasanya akan dibawa pulang untuk dipasang di rumah masing-masing sebagai tanda telah siap untuk memasuki Paskah.

Pantauan dilapangan proses perjalanan dari halaman menuju Gereja PHKY Bintang Laut Telukdalam, para petugas dari Satlantas Polres Nias Selatan yang dipimpin Kasat Lantas Polres Nias Selatan Iptu Musa Sembiring langsung turun dijalan bersama anggotanya mengatur arus lalulintas hingga proses perjalanan perarakan berjalan dengan lancar. (doeha)

Iklan-Devis
Previous
Next Post
Tidak ada komentar:
Write komentar

© 2008 MOKI I Media Online Kabar Investigasi. Designed by : Kang Aris
Powered by KabarInvestigasi.