Jumat, 03 Mei 2019

Pemkab Nisel Gelar Upacara HARDIKNAS Diselingi Perayaan HUT Kartini Ke-140

    5/03/2019   No comments

MOKI, Nias Selatan-Bupati Nias Selatan, Dr. Hilarius Duha,SH.,MH., bertindak sebagai inspektur upacara dalam kegiatan peringatan Hari Pendidikan Nasional (HARDIKNAS) dan Kepala UPTD SD Negeri Bawodobara Kecamatan Teluk Dalam, Odaligo Duha,S.Pd., sebagai komandan upacara yang di Lapangan Orurusa Teluk Dalam Kecamatan Telukdalam Kabupaten Nias Selatan Propinsi Sumatera Utara, Rabu (02/05/2019).

Dihadiri oleh Kapolres Nias Selatan, AKBP I Gede Nakti Widhiarta,S.I.K., Kajari yang diwakili Kasi Datun Dona Martinus Sibayang,SH., Danlanal Nias yang diwakili Mayor Laut (P) Ruruh Prasetya selaku Pasminlog Lanal Nias, Dandim 0213/Nias yang diwakili Danramil Teluk Dalam Mayor Inf. Hatianus Zega, Plt. Sekda Ikhtiar Duha,MM., Staf Ahli Bupati, Asisten,  Kepala OPD, Pengurus Yayasan Pendidikan Tinggi Nias Selatan, Dr. Sitasi Zagoto,MA., Kepala Instansi Vertikal, Rohaniawan dan Tokoh Masyarakat, serta tamu dan undangan.

Peringatan HARDIKNAS di Nias Selatan diselingi dengan perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) Kartini ke-140 Tahun 2019. Dengan mengusung tema HARDIKNAS : "Menguatkan Pendidikan, Memajukan Kebudayaan", dan tema Perayaan HUT Kartini : "Dengan Semangat Kartini Kita Tumbuhkan Emansipasi Wanita". Kedua acara tersebut terlaksana dengan baik dan meriah serta cuaca sangat cerah.

Bupati Nias Selatan Hilarius Duha membacakan pidato Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Republik Indonesia, Muhadjir Effendy yakni menekankan dua penguatan sumber daya manusia, yaitu pendidikan karakter dan penyiapan generasi terdidik yang terampil dan cakap dalam memasuki dua kerja.

Dalam pidato tersebut, Mendikbud menjelaskan pendidikan karakter adalah membentuk insan berakhlak mulia, sopan santun, tanggungjawab serta budi pekerti yang luhur. Sementara ikhtiar membekali ketrampilan dan kecakatan disertai pula dengan penanaman jiwa kewirausahaan.

Selain itu, Mendikbud menjelaskan peserta didik saat ini didominasi generasi Z yang terlahir di era digital dan pesatnya tekonologi, bahkan mereka lebih mudah dan cepat menyerap teknologi baru. “Dengan kondisi itu dapat dimanfaatkan oleh sekolah dan para guru untuk menerapkan pendidikan berbasis tri pusat pendidikan: keluarga, sekolah dan masyarakat. Ketiga pusat pendidikan tersebut harus mendukung dan menguatkan,” ujar Muhadjir Effendy.

Pada Peringatan HARDIKNAS kali ini, Bupati Nias Selatan, Hilarius Duha, bersama Waka Polres Bonggas Simarmata,SH., Kasi Datun Kejaksaan Negeri Dona Martinus Sibayang,SH., Plt. Sekda Ir. Ikhtar Duha, MM dan Kepala Dinas Pendidikan Nurhayati Telaumbanua, S.Pd. MM menyerahkan piagam penghargaan kepada Siswa/I peserta terbaik Olimpiade Sains Nasional (OSN) jenjang SD dan SMP Tahun 2019 tingkat Kabupaten Nias Selatan.

Peserta terbaik OSN-SD mata pelajaran Matematika diraih oleh Lukas Esharota Telaumbanua (Juara I) dari SDS Bintang Laut Teluk Dalam, Stefany Soranulo Zebrato Wau (Juara II) dari SDS Harapan Nias Teluk Dalam, dan Eklesia Berliana Zendrato (Juara III) dari SDN 074071 Bawodobara. Untuk mata pelajaran IPA diraih oleh Faith Zedona Wau (Juara I) dari SDS Bintang Laut Teluk Dalam, Krisna Sari Duha (Juara II) dari SDN 074071 Bawodobara, dan Cut Syifa Prastika (Juara III) dari SDS Harapan Nias Teluk Dalam.

Serta peserta terbaik OSN-SMP mata pelajaran Matematika diraih oleh Aldika Hulu (Juara I) dari SMPN 1 Teluk Dalam, Enggi Kristin Laia (Juara II) dari SMPN 1 Hilisalawa’ahe, Bakti Selamat Telaumbanua (Juara III) dari SMPN 1 Gomo. Untuk mata pelajaran IPA diraih oleh Opy Kristiani Gea (Juara I) dari SMPN 2 Teluk Dalam, Laskar Michael Putra Ndruru (Juara II) dari SMPS Bintang Laut Teluk Dalam, dan Media Fatalisna Warae (Juara III) dari SMPN 2 O’o’o. Serta mata pelajaran IPS diraih oleh Richard P. Ziraluo (Juara I) dari SMPN 1 Teluk Dalam, Daniel Somohaga Bidaya (Juara II) dari SMPS Bintang Laut Teluk Dalam, dan Anggreksia Putri Buulolo (Juara III) dari SMPN 1 Maniamolo.

Pantauan wartawan, seusai peringatan HARDIKNAS dilanjutkan dengan perayaan HUT Kartini ke-140 Tahun 2019. Perayaan HUT Kartini ini ditandai dengan pemotongan kue ulang tahun yang disambut tepuk tangan yang meriah. Kue ulang tahun tersebut dibagikan oleh Wakil Ketua II Tim Penggerak PKK, Ny. Martina Ikhtiar Duha bersama Ketua Bhayangkari Polres Nias Selatan kepada Bupati Nias Selatan, Forkopimda, tamu dan undangan. Dengan penuh antusias para undangan mengikuti acara sampai selesai.(doeha)

Iklan-Devis
Previous
Next Post
Tidak ada komentar:
Write komentar

© 2008 MOKI I Media Online Kabar Investigasi. Designed by : Kang Aris
Powered by KabarInvestigasi.