Kamis, 02 Mei 2019

Wabup Safin : Perhatian Pemerintah Mulai Bergeser ke Pembangunan SDM

    5/02/2019   No comments

MOKI, PATI-Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pati, hari ini menggelar Upacara Peringatan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas), di halaman Stadion Joyokusumo Pati.

Bertindak sebagai Inspektur Upacara (Irup) Wakil Bupati (Wabup) Pati Saiful Arifin (Safin), yang sekaligus membawakan sambutan Mendikbud.

Wabup mengatakan, peringatan yang jatuh pada tanggal 2 Mei tersebut diambil dari hari kelahiran Ki Hajar Dewantara, tokoh pahlawan nasional sekaligus Bapak Pendidikan Nasional.

"Dilihat dari sudut pandang pendidikan harus terjadi proses pembelajaran bagi setiap warga negara. Proses belajar pada hakekatnya adalah momentum terjadinya perubahan tingkah laku menuju kedewasaan,” ujar Safin membacakan sambutan tertulis Mentri Pendidikan dan Kebudayan (Mendikbud) RI Prof Dr Muhajair Effendy M A P.

Ia pun menambahkan bahwa Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan telah memberi perhatian khusus pada pendidikan anak-anak Indonesia yang berada di luar batas negara, seperti anak-anak keturunan Indonesia yang berada di Sabang dan Serawak negara bagian Malaysia,"jelas Safin.

Ia juga menegaskan bahwa kini perhatian pemerintah mulai bergeser dari pembangunan infrastruktur ke pembangunan sumber daya manusia.

"Kekuatan sektor Pendidikan dan Kebudayaan menemukan urgensinya. Karena itulah tema Hari Pendidikan Nasional tahun 2019 adalah menguatkan pendidikan, memajukan kebudayaan, yang mencerminkan pesan penting Ki Hajar Dewantara terkait hubungan pendidikan dan kebudayaan dalam menciptakan ekosistem pendidikan yang sarat nilai dan pengalaman kebudayaan guna membingkai hadirnya sumber daya manusia (SDM), yang berkualitas demi terwujudnya Indonesia yang berkemajuan dalam perspektif,” ungkapnya.

Ditambahkan Wabup, pembangunan sumber daya manusia menekankan 2 penguatan, yaitu pendidikan karakter dan penyiapan generasi yang terampil dan cakap dalam memasuki dunia kerja.

“Dalam pendidikan karakter dimaksudkan, untuk membentuk insan berakhlak mulia, sopan, santun, tanggung jawab, terampil dan cakap, serta disertai pula dengan penanaman jiwa kewirausahaan", pungkasnya. (Red)

Iklan-Devis
Previous
Next Post
Tidak ada komentar:
Write komentar

© 2008 MOKI I Media Online Kabar Investigasi. Designed by : Kang Aris
Powered by KabarInvestigasi.